6 Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Matamu.Net - Saat ini, mendapatkan uang dari YouTube bukanlah sesatu yang mustahil didapatkan. Yup, seperti yang kita ketahui bahwa sangat banyak kisah orang-orang sukses yang berhasil mendapatkan uang mulai dari jutaan sampai dengan milyaran rupiah dari YouTube.

Tak hanya jumlah subscriber saja yang membuat seseorang mendapatkan uang. Akan tetapi, pendapatan juga semakin bertambah apabila terdapat iklan baik itu sebelum video maupun setelah video YouTube. Misalnya saja YouTuber terkaya PewDiePie atau Casey Neistat dalam setiap videonya selalu dimulai dengan iklan. Di samping itu, jumlah subscribernya juga telah mencapai 102 juta.

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan monetisasi. Monetitasi adalah menaruh iklan pada video atas dasar izin dari YouTube itu sendiri. Meski begitu, tak hanya melakukan monetisasi saja loh. Ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui YouTube. Penasaran apa saja caranya? Yuk, kita simak sama-sama penjelasan berikut.

1. Bergabung di YouTuber Partner Program

YPP merupakan singkatan dari YouTube Partner Program. Artinya dengan bergabung di YPP maka dapat membantu para creator untuk melakukan monetisasi di YouTube. Kendati demikian, perlu diketahui juga bahwa tak semua channel dapat bergabung dengan YPP loh.

Mengapa demikian? Yup, ada syarat yang perlu dipenuhi seperti channel YouTube kalian harus ditonton selama 4000 jam dalam kurung waktu 12 bulan serta telah memiliki 1000 subscriber. Nah, apabila syarat tersebut telah terpenuhi besar kemungkinan YouTube akan mengevaluasi channel yang telah melakukan pendaftaran.

Masih ada lagi loh, kalian juga harus memiliki akun Google AdSense. Akun Google AdSense tersebut digunakan untuk mendaftarkan channel di YPP.

Cara mudah mendapatkan Uang MElalui YouTube terbaru

2. YouTube dengan Iklan

Apabila channel kalian telah terdaftar di YPP maka secara tidak langsung kalian mendapatkan lebih banyak tool bermanfaat bagi creator YouTube. Nah, menariknya lagi Youtube kalian sudah bisa dipasangi iklan. Itu berarti sedikit demi sedikit kalian bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Namun, perlu perhatikan juga ada ketentuan yang perlu diperhatikan agar video kalian dapat dipasangi iklan. Ketentuan tersebut disebut dengan konten ramah pengiklanan. Maksud dari ketentuan tersebut, video yang diunggah tidak boleh mengandung konten yang sensitive. Apabila video kalian terbukti mengandung hal yang senstif, maka segera matikan monetisasi agar tak dideteksi oleh YPP.

Adapun cara mengaktifkan iklan pada video YouTube, yaitu dengan melakukan logi ke YouTube dan masuk ke studio.youtube.com. setelah itu, pada menu sebelah kiri klik videos. Kemudian pilih satu video dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Selanjutnya, pilih jenis iklan yang diinginkan lalu klik Save.

3. Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel yaitu grup penggemar untuk channel YouTube yang kalian buat. Maksudnya pengikut setia kalian di YouTube dapat membayar biaya keanggotaan setiap bulannya. Dengan begitu, apabila telah terdaftar menjadi anggota maka mereka akan menerima konten khusus dari channel kalian.

Nah, untuk mengaktifkan fitur keanggotan channel pertama harus berusia minimal 18 tahun dan telah memiliki lebih dari 30 ribu subscriber. Adapun cara untuk mengaktifkannya yaitu masuk kea kun Google, lalu pilih tab Memberships, kemudian kli Get Started dan ikuti petunjuk yang ada di layar. Finally, keanggotaan channel aktif.

4. Rak Merchandise

Dengan adanya rak merchandise maka kalian dengan mudah melakukan penjualan pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand serta channel yang kalian buat. Cara mengaktifkan fitur tersebut dan secara tidak langsung akan mendapatkan uang dari YouTube terdapat beberapa syarat yaitu berusia 18 tahun dan telah memiliki lebih dari 10 ribu subscriber di channel YouTube.

Cara mengaktifkannya yang pertama login ke YouTube Studio. Klik Monetization kemudian kli tab Merchandise. Setelah itu, ikuti petunjuk yang ditampilan oleh layar.

5. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers merupakan cara yang digunakan YouTuber untuk berinteraksi dengan para subscribernya melalui live chat. Nah, untuk mendapatkan uang dari live chat tersebut penggemar kalian membayar agar pesan yang mereka kirim saat live chat dapat sorot.

Cara mengaktfikan fitur tersebut yaitu login ke YouTube Studio, kli opsi Monetization. Pada dashboard utama, klik Live Chat kemudian Get Started. Dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.

6. YouTube Premium

Cara lain yang dapat dilakukan agar mendapatkan uang dari YouTube yaitu dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. Apabila penonton video YouTube kalian merupakan pengguna dari YouTube Premium, maka secara tidak langsung kalian akan mendapatkan porsi tersendiri dari biaya berlangganan pengguna YouTube Premium.