9 Cara Mengatasi Lag Parah Saat Bermain Mobile Legend

Matamu.Net - Mobile Legend menjadi salah satu game yang sangat ramai dimainkan di Indonesia bahkan terhitung ada sekitar 12 juta akun yang bermain Game Mobile 5 vs 5. Angka membuatnya membuatnya menjadi game paling populer di Indonesia.

Wajar saja ah, mulai dari fiturnya yang sangat banya, jumlah karakter hero yang melimpah ruah samapi update berkala yang selalu menghasilkan pengalaman unik dalam bermain membuat Mobile Legend sangat sulit untuk digeser.

Satu yang mungkin tidak bisa membuat Game 5 vs 5 lainnya bsia mengalahkna Mobile Legend adalah spesifikasi minimal yang sangat rendah bahkan Handphone Android kentang seharga 800 ribuan saha sudah bisa memainkan game mobile ini, jadi jangan heran kalau ada banyak bocah ingusan saat kamu ada niat Push Rank.

Namun bukan itu yang akan kita bahas kali, melainkan Lag parah yang sering kali terjadi saat anda bermain game. Jika memang kamu mengalami Lag parah mungkin beberapa tips ini dapat membuat permainan mobile legend kamu kembali normal lagi.

1. Jangan Lupa Update

Mobile Legend adalah game yang dikembangkan oleh Developer yang sangat concern dengan kenyaman dan user experience dari penggunanya, oleh karena tim mereka tidak henti-hentinya melakukan peningkatan mutu pada game.

Player bakalan dimanja dengan peningkat tersebut melalui update berkala yang hampir semingu sekali. Update ini lumayan menyita Bandwitch dan sehingga kamu tentu saja harus melakukan update sebelum bermain.

Mobile Legend terbilang unik dimana para player tetap bisa bermain meskipun belum melakukan update terakhir tapi yakinlah jika game akan berjalan buruk dan jelek ketika kamu belum melakukan updating data terbaru dalam game.\

Laya dan menu Update Mobile Legend


2. Periksa Jaringan Provider Internet Kamu.

Sebelum bermain game online apa saja sebaiknya kamu periksa dulu jaringan internet provider kamu, jangan terlalu PD dengan provider merah dan ukuran besar karena tidak semua wilayah dicover dengan kualitas jaringan yang sama.

Cara mengecek kualitas jaringan kamu bisa dilakukan dengan dua cara yakni di luar game dan di dalam game. Untuk di luar game kamu cukup masuk di Google Test Speed dengan mengetik di kolom google search Box kata test my speed. Jika kecepatan kamu masih lebih kecil dari 80 ms/b, mainlah namun jika kurang lebih berat meding kamu nonton live streaming saja sekalian belajar strategi ML.

Cara ke dua yakni dilakukan uji di dalam game, meskipun tidak pernah resmi diumumkan oleh pihak Montoon, namun banyak orang di luar sana yang menjadi Brawl sebagai saran cek jaringan, jika dirasa Lag maka mereka tidak akan bermian ranked game.

cara membuat Mobile Legen tidak lag

3. Jangan main di dalam kamar tertutup.

Provider Internet kamu akan menggunakan sistem kerja dari Gelombang elektro Magnetik yang memiliki karakter unik saat bertemu dengan logam. GEM bakalan sulit menembus logam dan cenderung terpantul, meskipun tidak semuanya.

Jika rumah kamu tertutup oleh atap yang terbuat dari logam maka kemungkinan besar jaringan internet kamu bakalan timbul tenggelam dan kamu tidak mau Salin hanya gara-gara nge lag, oleh karena bermainlah di luar ruangan.

4. Optimalkan Kinerja Smartphone Kamu.

Mobile Legend adalah game yang cukup baik dari segi pelayanan ke user, karena game ini bisa menggunakan settingan untuk HP pro sultan dengan perangkat grafis, RAM dan CPU yang gahar sehingga bisa diatur dengan kecepatan 60 fps.

Namun Mobile legend juga tetap concern dengan para fakir gadget yang cuman punya Android kentang, kamu sisa masuk pengaturan lalu turunkan semua kualitas mulai dari Grafis, ke low kualiti, hilangkan indikator Damage, garis hitam, bayangan dan efek lainnya yang dianggap bisa membebani game.

Menurunkan Grafis ini tidak mengurangi skill kamu bermain jadi tidak usah khawatir, game 5 on 5 bukan game Pay to Win (PTW) yang dirancang khusus Sultan seperti game RPG yang semakin kaya kamu semakin cadas juga penampilan-mu.

Setting low grafik untuk settingan Low HP kentang

5. Hentikan Aplikasi Berjalan di Latar

Android adalah salah satu OS yang mengandalkan sistem Multi Tasking hampir sama seperti Windows dan Machinton OS, namun sebagi gantinya OS Multi tasking bakalan menyita banyak kinerja RAM dan CPU.

Bagi kamu yang kapasitas RAM dan Cache CPU-nya rendah salah satu cara ampuh yang cocok untuk adalah mematikan aplikasi di latar belakang layar selama bermain.

Aplikasi yang memakan banyak RAM dan CPU itu tidak lain adalah applikasi Chating seperti WA, LINE, WE Chat, Mi Chat, Kakao Talk, Instagram, Twitter, FB Massenger termasuk layanan Facebook APP.

cara mudah mematikan Aplikasi yang berjalan di Mobile Legend

Selain itu layana Online Shop dan Game Pertanian/Real life Simulator juga memakan banyak sumber daya. Jadi matikanlah layanan tersebut selama kamu main toh kamu gak mungkin juga balas chat sambil bermain kan?

Cara mematikan cukup masuk ke pengaturan yang pada umumnya disimbolkan dengan roda gigi. Tap Setting lalu Aplikasi lali pilihlah aplikasi yang ingin kamu hentikan secara paksa (Foce Disable), lalu aktifkan kembali saat kamu sudah berhenti bermain.

cara mudah mematikan Aplikasi layar yang ada di Android

6. Bersihkan Chace File

Mobile Legen juga memberikan pelayanan bersihkan Cache File di menu pengaturan saat kamu berada di Lobby. Cache File adalah file file yang menumpukan yang disimpan di Memory Cache sehingga prosessor memiliki lebih banyak data untuk di loading, jangan sungkan untuk menenkan Fitur ini.

7. Aktifkan Mode Performa

Mode Performa adalah Bosting Mode adalah layanan dimana Smartphone kamu akan menggunakan kecepatan maksimal dari CPU yang ada namun akan menghabiskan banyak tenaga. Sistem OS Andorid memberikan pelayanan Auto Setting CPU performe agar Andorid kamu bisa bertahan lebih lama, namun kamu bisa mematikan layanan ini dna memilih kinerja maksimal.

Layanan ini bisa dimatikan di bilah Baterai dengan cara masuk ke Pengaturan>Power>Kinerja dalam menu ini pilih jangan Optimalkan Daya. Optimalkan Daya artinya kamu meminta Android mengatur Manajemen daya agar baterai dapat bertahan lebih lama, sedangkan jika dimatikan maka OS kamu akan meminta CPU bekerja maksimal.

cara cepat dan mudah dengan Android

8. Jangan bermain sambil Charging

Lah bukannya Charging bakalan sesuai dengan TIPS nomor 6 dimana daya bakalan digunakan maksimal? Yah memang benar, namun proses Charging akan membuat baterai panas dan berbeda dengan perangkat seperti Laptop, Smartphone tidak memiliki exhaust lalu yang lebih buruk lagi ada posisi CPU tentu saja bakalan berdekatan dengan BAterai kecuali ukuran Smartphone kamu 6 x 6 meter.

Panas kan memicu OS android versi API 15 ke atas untuk mematikan kinerja Turbo Bost agar Over Heating tidak terjadi, hasilnya permainan dalam game kamu bakalan patah-patah bahkan nyaris nge Lag yah kecuali android kamu dirancang menggunakan cover metal yang dapat membuang panas ke lingkungan lebih cepat.

9. Update API Android Kamu

OS Android yang kamu gunakan tentu saja akan berpengaruh dengan kinerja semua aplikasi yang berjalan di Smartphone kamu, jika Andorid sudha memberikan update terbaru hal ini berarti ada perbaikan data agar OS berjalan lebih stabil dari sebelum-nya.

Hanya saja jika Perangkat kamu sudah tidak mendukung API terbaru maka langkah ini tidak bisa kamu lakukan kecuali kamu pergi membeli Andorid terbaru lagi.

Akhir Kata
Nah itu dia 9 tips yang mungkin bakalan membantu kamu meningkat UI saat bermain bagme Mobile Legend yah syukur-syukur jika Push Rank kamu sampai Mityc, kalau iya jangan lupa share tips ini, terima kasih.