8 Cara Menjadi Youtuber Dan Selebgram Sukses

Matamu.Net - Semakin kesini perkembangan dunia terknologi semakin canggih. Semakin canggihnya perkembangan tersebut, maka semakin mudah pula bagi seseorang untuk memiliki penghasilan yang banyak dengan cara yang terbilang krestif.

Kendati demikian, sangat banyak contoh pekerjaan yang terbilang kreatif dan berpenghasilan banyak seperti menjadi seorang freelancer digital marketing, vlogger, sampai dengan menjadi seorang YouTuber.

Nah, berbicara tentang YouTuber saat ini peminat situs pemutar video atau YouTube diketahui sangat banyak banyak. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa pengguna YouTube sangat popular dengan jumlah yang lumayan banyak.

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi YouTube tak hanya berfungsi untuk menonton berbagai macam video saja. Akan tetapi, YouTube juga memiliki fungsi lain seperti kamu dapat mengunggah videomu tersebut di channel YouTube pribadimu. Dengan adanya hal tersebut, tak sedikit seseorang yang ingin menjadi YouTuber akhirnya membuat konten-konten unik dan menarik untuk menyalurkan bakay yang mereka punya.

Oleh karena itu, kalian pasti penasaran kira-kira bagaimana cara menjadi seorang YouTuber terkenal sampai dengan menjadapatkan penghasilan dari YouTube. Iya kan? Nah, bagi kalian yang penasaran bagaimana cara menjadi YouTuber sukses, mari kita simak secara bersama-sama pembhasan berikut ini.

1. Memiliki channel YouTube

Apabila ingin menjadi seorang YouTuber sukses maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun YouTube. Nah, membuat akun YouTube dapat dilakukan dengan menggunakan akun Gmail yang kamu punya.

Kemudian, setelah itu barulah kamu mengklik ‘my channe’ untuk membuat channel YouTube. Disarankan membuat nama channel dengan nama yang menarik dan kreatif dan sesuai dengan konten video-video yang diunggah.

Perlu diketahui juga bahwa setelah memiliki akun jangan lupa untuk mengaktifkan fitur monetization pada akun. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu dapat memberitahukan kepada YouTube dengan mudah bahwa kamu ingin mendapatkan sejumlah kompensasi atas akun yang telah dibuat.

Secara tidak lansgung, YouTube akan mengurus hal tersebut dan memberikan sejumlah kebijakan serta aturan kepada pemilik channel.

Youtuber Gaming PUBG Viva la Dirt Language
Silver Button Youtuber Gaming Viva La Dirt

2. Akun adSense juga perlu dibuat

Apabila ingin mendapatkan sejumlah uang dari video-video yang telah diunggah di YouTube, maka kamu harus memiliki akun AdSense. Fungsi dari AdSense yaitu membantu seorang YouTuber untuk mendapatkan iklan-iklan pada video yang diunggah.

Diharuskan hanya memiliki satu akun AdSense saja agar nantinya ketika pembayaran lebih mudah. Sementara itu, cara untuk mengaitkan video yang dibuat dengan AdSense dapat dilakukan dengan cara kamu hnya mengunggah sebanyak tiga video yang original. Gampang kan?

3. Tentukan target penonton

Langkah ketiga yang perlu dilakukan yaitu dengan menentukan target penonton untuk channel yang dibuat dengan benar.

Apabila seorang YouTuber memiliki sasaran penonton yang usianya sekitar 17-35 tahun maka video yang diunggah dapat berupa tutorial seperti tutorial make up, tutorial masak, sampai dengan tutorial memakai hijab bagi perempuan berhijab.

Tak hanya itu, yang perlu diperhatikan yaitu gaya Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan target penonton video.

4. Buat video yang berkualitas

Setelah itu, untuk menunjang channel yang telah dibuat makan buatlah video yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Disarankan video yang dibuat tak terlalu panjang agar tak membuat para penonton bosan. Kira-kira durasinya sekitar 5-20 menit saja. Akan tetapi, durasi tersebut disesuaikan dengan konten yang dibuat yah!

Apabila belum memiliki kamera, maka merekam video juga dapat dilakukan dengan kamera ponsel. Mudah kah?

Sebagai referensi awal, kamu dapat membuat sebuah video yang saring ditonton oleh pecinta YouTube seperti membuat video tutorial, video list, video unboxing, video mukbang, vlog, dan masih banyak lagi. Apabila memiliki suara yang bagus kamu juga dapat membuat video cover atau pun parodi.

5. Upload video

Setelah memiliki konten video yang menarik serta berkualitas. Maka manfaat dengan baik video tersebut dengan lebih memperhatikan seperti:

a. Judul Video

Judul video yang dibuat usahakan mengandung yang keyword (kata kunci). Keyword inilah yang nantinya akan di Crawl oleh search engine dan muncul di hasil search enggine result position (SERP) Hal ini lebih lanjut dikenal dengan nama SEO (Search Engine Optimization).

b. Thumbnail

Thumbnail merupakan image yang ada pada bagian depan pada saat seseorang secara tidak sengaja menemukan video kamu. Oleh karena itu, apabila video yang kamu buat ingin banyak ditonton orang maka gunakanlah thumbnail yang manarik.

Sebut saja Kime Hime, salah satu Youtuber Indonesia yang mendapatkan banyak Subscriber karena Tumbnailnya yang Klick Bite.

Kime Hime tampil seksi di tumbnail biar klik bite
Cuplikan Tumbnail Ckicl bite ala Kime Hime

c. Deskripsi

Deskripsi juga sangat penting dalan video. Nah, mengenai deskripsi sebaiknya dibuat secara jelas, padat, tidak ganjil dan yang pastinya ada keyword.

Deskripsi juga akan meningkatkan nilai SEO video kamu karena membantu google memberikan keterangan yang bisa di crawl oleh search enggine mereka.

d. Cantumkan tag yang relevan

Jangan lupa untuk mencantumkan yang namanya tag dalam video. Hal tersebut bertujuan agar video yang kategorinya sama dapat tercantum dalam satu tag sehingga penonton dapat menonton video yang lainnya dengan mudah.

6. Promosikan Video

Apabila kamu seorang YouTuber pemula maka mempromosikan video yang telah diupload sangatlah penting dilakukan lantaran mungkin masih sedikit orang yang mengetahui video yang kamu buat. Apalagi channel yang kamu buat belum memiliki subscriber. Salah satunya adalah dengan mempromosikannya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Adapun cara lain yang dapat dilakukan yaitu melakukan kolaborasi dengan YouTuber lainnya. Dengan berkolaborasi secara tidak langsung dapat menaikkan traffic dan bertambahnya subscriber loh.

7. Aktif berkomunikasi

setelah itu, ketika video kamu telah diupload dan telah banyak yang menontonnya. Maka terkadang ada beberapa penonton video kamu yang meninggalkan komentar. Perlu diingat juga bahwa komentar yang ditinggal tersebut bisa jadi komentar yang bersifat positif dan bisa juga komentar negative. Meski begitu, sebagai YouTuber kamu harus menerima semua komentar yang diberikan.

Tips ketika ada orang yang meninggalkan komentar jelek di video kamu, kamu dapat menanggapinya dengan membalas komentar tersebut dan menuliskan bahwa ke depannya kamu akan memberikan video yang lebih baik lagi.

Karena dengan adanya komentar positif dan negative terhadap video kamu itu berarti kalua para penonton tersebut peduli dengan karya yang kamu buat dan berharap kamu lebih baik lagi.

Aktif di Kolom Koomentar Youtuber meningkatkan SEO
Kolom Komentar YouTube

8. Endorse produk tertentu

Cara terakhir yang juga dapat dilakukan agar menjadi YouTuber sukses yaitu dengan melakukan endorse sebuah produk tertentu. Yup, kalian pasti tak asing lagi dengan namanya endorse kan? Apabila kamu perhatikan beberapa YouTuber terkenal tak jarang mereka juga melakukan endorse.

YouTuber terkenal dan popular diketahui tak hanya membuat konten-konten yang mereka sukai loh. Akan tetapi, tak jarang mereka juga mempromosikan sebuah produk tertentu. Jangan takut karena dengan melakukan endorse kamu mendapatkan keuntungan lebih loh. Selain tentunya mendapatkan keuntungan dari YouTube, kamu juga pasti mendapatkan keuntungan dari produk yang kamu promosikan. Menarik kan?

Ingat yah cara terakhir ini dapat kamu lakukan apabila channel YouTube kamu telah memiliki jumlah subscriber yang banyak. Tak usah sedih, apabila jumlah subscriber kamu masih sedikit maka kamu dapat menawarkan kepada perusahaan sebuah produk yang biasa di endorse dan menanyakan apakah mereka butuh endorse atau tidak.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyertakan potofolio konten. Yang pastinya konten yang kamu buat dapat menarik perhatian mereka agar memilih kamu mengendorse produknya.

Akhir Kata

Sudah jelaskan penjelasan di atas? Setelah mengetahui cara menjadi YouTuber sukses apakah kamu memiliki niat untuk menjadi YouTuber? Atau apakah kamu sudah siap mnejadi seorang YouTuber terkenal?

Dari penjelasan di atas sepertinya sudah dapat membantu kamu apalagi mengenai cara mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Selain itu, kamu juga selalu tetap update informasi terbaru yah! Selamat berjuang dan mencoba para pemula YouTube.