Mengenal Defenisi dan Fungsi Dari VRAM

Matamu.Net - VRAM adalah komponen penting dalam suatu perangkat salah satunya adalah VRAM. Akan tetapi, walaupun begitu masih banyak orang yang belum sadar akan fungsi perangkat tersebut. Oleh karena itu, yuk kita mengenal yang namanya VRAM.

Pengertian VRAM

VRAM atau Video Random Access Memory adalah salah satu komponen yang dipasang pada video card. Kompenen VRAM diketahui bekerja seperti sebuah RAM. Akan tetapi, meski cara kerja RAM hampir sama dengan RAM keduanya memiliki fungsi berbeda. RAM berfungsi sebagai penyimpan data dari CPU (Central Processing Unit), sementara itu fungsi VRAM berfungsi sebagai penyimpan data dari GPU (Graphical Processing Unit).

Sejarah VRAM

VRAM pertama kali ditemukan pada tahun 1980 oleh F. Dill, D. Ling dan R. Matick. Akan tetapi, VRAM baru diresmikan penggunaannya 5 tahun setelah ditemukan yaitu pada tahun 1985 silam. Sebelum VRAM ditemukan harga memori dual-ported kala itu dibanderol dengan harga yang mahal namun kualitas yang disediakan masih terbatas penggunaannya.

Sampai akhirnya pada tahun 1986 IBM (International Business Machines) mulai mempromosikan VRAM secara luas pada system PC/RT miliknya. Hingga akhirnya VRAM dijadikan sebagai standar dalam tampilan grafis.

Fungsi VRAM

VRAM sendiri berfungsi sebagai memori yang dapat digunakan untuk menyimpan segala data grafis yang diperlukan oleh GPU dengan tujuan merender gambar. GPU sangat cepat untuk menarik data dari VRAM dibandingkan menarik data dari hard drive.

Tak hanya itu, gambar yang ditampilkan ke layar monitor dalam bentuk data digital yang terlebih dahulu diproses pada GPU setelah itu barulah disimpan di VRAM. Lalu dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital-to-amalog converter (RAMDAC), sampai akhirnya gambar tampil pada computer.

Tak hanya itu, gambar yang ditampilkan ke layar monitor dalam bentuk data digital yang terlebih dahulu diproses pada GPU setelah itu barulah disimpan di VRAM. Lalu dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital-to-amalog converter (RAMDAC), sampai akhirnya gambar tampil pada computer.
Posisi VRAM di VGA Card

Jenis-jenis VRAM

Terdapat empat jenis dari VRAM, jenis-jenis VRAM tersebut berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Keempat jenis VRAM tersebut adalah:

Synchronous Graphics RAM (SGRAM) - SGRAM merupakan salah satu jenis VRAM dengan clock yang tersinkronisasi oleh kecepatan clock CPU. VRAM jenis ini merupakan jenis dengan harga yang paling murah. Data yang diterima tersebut dimodifikasi hanya satu proses saja.

Multibank Dynamic RAM (MDRAM) - MDRAM ialah jenis video RAM dengan tampilan yang tinggi dan dikembangkan pihak MoSys tak heran apabila dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. VRAM yang satu ini dapat diakses secara terpisah tapi cara kerjanya dibagi menjadi 32 KB bagian.

Rambus Dynamic RAM (RDRAM) - RDRAM merupakan VRAM tercepat dalam mentransfer data sampai dengan 800 MHz yang dikembangkan oleh Rambus.

Windows RAM (WRAM) - Meski bernama Windows RAM, VRAM yang satu ini sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan yang namanya Microsoft. WRAM memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dari VRAM dengan fungsi yang sama yakni melakukan pengeloalhan data-data grafis.

Bagi pecinta game dengan kualitas tinggi sebaiknya mempunyai VRAM. Apabila kapasitas RAM besar maka semakin kompleks pula tekstur gambar yang dirender oleh GPU sehingga penampilan dalam bermain game semakin cepat.