Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Applikasi YouTube Kids

Matamu.Net - Aplikasi YouTube sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu YouTube diketahui telah mengembangkan aplikanya. Yup, YouTube akhirnya secara resmi merilis YouTube Kids yang dikhususkan ramah anak pada tahun 2015 yang lalu.

Akan tetapi, YouTube Kids baru bisa diakses di Indonesia pada bulan September 2018 yang lalu. Tujuan dibuat YouTube Kids adalah tak lain dan bukan untuk memberikan tontonan yang mengedukasi bagi anak-anak. Apalagi pengguna YouTube sangatlah banyak dan besar kemungkinan tak sedikit anak-anak yang menggunakan YouTube sebagai hiburan mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube kids berbeda dari aplikasi YouTube biasa. YouTube kids digunakan agar orang tua dapat dengan mudah mengontrol tontonan buah hati mereka. Tak hanya itu, aplikasi YouTube Kids juga disesuaikan dengan usia penontonnya.

Lantaran dirancang khusus untuk anak-anak maka fitur yang disediakan pun khusus untuk anak-anak seperti adanya fitur Nuara TV, channel National Geographic Kids dan masih banyak lagi channel yang mengedukasi lainnya.

Sama seperti aplikasi YouTube biasa, YouTube Kids dapat diunduh di Google Play atau pada Apple App Store. Masih penasaran tentang YouTube Kids? Inilah beberapa fakta tentang YouTube Kids yang perlud diketahui khususnya para orang tua masa kini. Yuk kita simak sama-sama.

Applikasi YouTube Kids
Logo YouTuve Kids

1. Pertama kali diluncurkan tahun 2015

Meski telah diluncurkan sejak tahun 2015, YouTube Kids baru bisa diakses di Indonesia sejak 6 September 2018 yang lalu. Aplikasi YouTube Kids tak hanya dapat diakses melalui handphone saja loh. Akan tetapi, YouTube Kids juga tersedia pada Smart TV dan tv merek LG, Samsung, dan Sony. Sampai saat ini, YouTube Kids telah tersedia di 60 negara di dunia.


2. terdapat beberapa konten di YouTube Kids

Perlu diketahui bahwa YouTube Kids memiliki empat konten utama seperti Shows, Music, Learning, dan Explore. Dari keempat konten tersebut semuanya memiliki fungsi masing-masing. Konten Shows fungsinya menayangkan fitur klip serta episode penuh dari program anak-anak popular. Konten music memperlihatkan sejumlah lagu anak-anak dari berbagai jenis genre.

Sementara itu, untuk konten Learning meliputi konten edukatif yang diambil dari berbagai sumber seperti PBS Kids, TED-Ed, dan Khan Academy. Terakhir yaitu konten Explore yang dimana konten tersebut meliputi konten yang dibuat sendiri oleh penggunanya alias yang berkaitan dengan mainan anak-anak.

3. Jumlah Pengunjung yang Besar

Penonton YouTube Kids jumlahnya sangatlah fantastis. Hal tersebut membuktikan bahwa sangat banyak anak-anak yang menggunakan YouTube sebagai tontonan mereka. Buktinya aplikasi YouTube Kids mempunyai 8 juta pengguna aktif setiap minggunya. YouTube Kids juga telah diunduh lebih dari 100 juta di Playstore.

4. Aplikasi YouTube Kids menyaring tayangan dengan menggunakan algoritma

Memiliki fungsi sebagai tontonan bagi anak-anak, YouTube Kids menggunakan algoritma untuk menyaring konten yang sesuai dengan anak-anak. Meski begitu tak bisa dipungkiri bahwa masih ada saja video yang sebenarnya tak cocok bagi anak-anak lolos dari algoritma.

Oleh karena itu, untuk menangani hal tersebut pihak Google juga melibatkan sebuah monitor manusia (orang tua) untuk lebih mengontrol anak secara langsung dengan cara melakukan verifikasi.

5. Dapat memblokir secara langsung apabila terdapat konten yang tidak pantas

Seperti yang kita ketahui YouTube Kids bekerja dengan system algoritma dan bantuan orang tua. Oleh karena itu, konten yang ditonton oleh anak-anak dapat disaring dengan baik. Aka tetapi, apabila secara tidak sengaja tiba-tiba muncul konten yang tidak pantas pada YouTube Kids, maka orang tua dapat secara langsung memblokir atau melaporkannya.

6. Waktu menonton YouTube Kids dapat diatur

Meski dirancang sebagai ramah anak, menggunakan YouTube Kids tetap perlu dibatasi penggunaannya. Untuk itu, sebagai orang tua sebaiknya memberikan batasan durasi untuk menonton video di YouTube Kids. Yup, tak perlu pusing aplikasi tersebut dilengkapi denga fitur mengatur timer dengan mudah.

Caranya yaitu dengan tap ikon gembok yang ada di bawah layar, kemudian baca dan memasukkan kata sandi. Setelah selesai, pilih timer sesuai kebutuhan dan geser ikon untuk menetapkan batas waktu. Kemudian tap Start Timer. Secara tidak langsung apabila waktu habis maka YouTube Kids secara otomatis akan terkunci dengan sendirinya.

7. Dapat mengontrol penelusuran dan melihat histori tontonan

Fitur yang disediakan YouTube Kids juga tak kalah dengan YouTube biasa. Terdapat banyak fitur diantaranya seperti membuat profil anak, melihat histori tontonan anak, mengontrol penelusuran, melapor video yang dinilai kurang pantas, sampai dengan dapat mengatur konten yang diinginkan.

Mengontrol penelusuran sangat bermanfaat loh sehingga penulusuran disesuaikan dengan usia sang anak. Video yang dapat ditelusuri hanya video yang telah diverifikasi oleh YouTube Kids. Begitu pun histori tontonan yang berguna mengontrol dan mengawasi apa-apa saja yang telah ditonton anak.

Bagaimana sudah jelas penjelasan tentang YouTube Kids? Yuk, buruan download aplikasi YouTube Kids. Sementara yang sudah download manfaatkan dengan baik yah!