Cara Menghasilkan Uang Melalui Program Google Adsense

Matamu.Net - Zaman sekarang mencari uang bukanlah sesuatu yang sulit didapatkan apalagi jika orang tersebut kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi.

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi khususnya di Indonesia berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, mendapatkan uang dengan Cuma-Cuma bukanlah sesuatu yang mustahil. Yup, salah satunya adalah dengan Google AdSense.

Google AdSense merupakan suatu program kerjasama antara periklanan dengan melalui media internet yang dimana program tersebut diselenggarakan oleh Google. Kendati demikian, dengan adanya AdSense maka peluang besar bagi kalian pemilik situs-situs kecil, sedang, sampai dengan situs yang besar untuk berbagi hasil dengan cara memasukkan iklan dalam situs kalian.

Nah, apabila pengunjung situs kalian mengklik iklan maka secara tidak langsung pundi-pundi rupiah akan kalian dapatkan. Tak hanya itu, untuk menghasilkan uang melalui Google AdSense tanpa modal maka ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Penasaran apa saja? Mari kita bahas satu per satu.

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi khususnya di Indonesia berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, mendapatkan uang dengan Cuma-Cuma bukanlah sesuatu yang mustahil. Yup, salah satunya adalah dengan Google AdSense.

1. Pengunjung

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pengunjung situs. Perlu diketahui bahwa mendatangkan pengunjung yang banyak pada situs maka akan mendatangkan penghasilan loh lantaran secara tidak langsung pengunjung bisa saja mengklik iklan AdSense yang tampil.

Oleh karena itu, pengunjung sangat berperan penting untuk menghasilkan uang dari Google AdSense. Tak hanya itu, usahakan Tarik pengunjung dengan cara yang benar dan sesuai aturan. Jangan memanipulatif jumlah pengunjung yahh.

Kalian pasti berpikir bagaimana cara menarik pengunjung yang paling efektif dan tidak melanggar aturan Google? Jawabannya adalah menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Mengapa SEO? Ya, karena dengan menggunakan gratis alias bukan iklan yang berbayar. Menariknya lagi, meski gratis SEO diketahui sangat ampuh dalam menarik pengunjung secara organic. Tak hanya itu, bisa jadi website kalian dapat ditempatkan pada posisi pertama pencarian.

2. CTR (Click Through Rate)

Istilah CTR memiliki arti bahwa jumlah pengunjung yang mengklik iklan yang tampil dalam website. Oleh karena itu, dalam membuat konten perlu dibuat semenarik mungkin agar pengunjung mengklik iklan yang tampil dalam website. Ditambah lagi posisi iklan menetukan tingkat CTR website, dimana apabila posisi iklan tepat maka secara tidak langsung pengunjung akan mengkliknya.

3. CPC (Cost per Click)

CPC merupakan harga klik setiap iklan yang muncul. Direkomendasikan memiliki iklan yang harga tiap kliknya mahal. Hal tersebut bertujuan agar pendapatan di website optimal. Ada cara loh untuk mendapatkan CPC yang tinggi. Lagi-lagi kualitas konten. Yup, semakin berkualitas konten yang dibuat maka harga CPC dapat memberikan pengaruh loh.

4. Konten

Konten adalah yang paling utama. Bagaimana tidak, apabila konten berkualitas maka yang lainnya juga akan ikut menjadi berkualitas. Apalagi Google juga menyebutkan bahwa “create unique,original, and relevant content” yang membuat para penunjung berdatangan di website kalian.

Pengunjung akan berdatangan dengan sendirinya apabila konten berkualitas. Oleh karena itu konten yang berkualitas akan berbanding lurus dengan iklan yang muncul di website itu sendiri.

5. Mematuhi Aturan Google

Perlu diingat juga bahwa meski memiliki konten yang berkualitas tapi ada hal yang harus diperhatikan juga yaitu mematuhi aturan Google AdSense. Apabila kalian ketahuan melanggar aturan maka secara langsung akan dibanned dan iklan tak lagi muncul. Oleh karena itu, harus tetap mematuhi aturan GoogLe AdSense yah agar dapat menghasilkan uang dari Google AdSense melalui iklan online.

Dilarang posting konten dewasa

Baca juga : Cara Mendapatkan Akun Google Adsense melalui YouTube Program Partner

6. Laporan Analitik

Google diketahui menyuguhkan berbagai macam report di Dashboard AdSense. Dengan adanya dashboard tersebut, maka disarankan kalian memanfaatkannya sebaik mungkin karena sangat banyak hal yang bisa dipotimasi dalam AdSense dengan tujuan agar pendapatan iklan dapat meningkat setiap bulannya.

7. Speed Website

Sebagai pengunjung website pastilah kalian tak menyukai apabila menemukan website yang lambat. Iya kan? Pasti semua orang menginginkan website yang cepat.

Dalam membangun sebuah situs, kecepatan website sangat menjadi faktor pendukung. Apalagi kalau berbicara tentang iklan. Iklan dalam website apabila tidak terupload dengan cepat membuat pengunjung tidak dapat melihatnya hingga akhirnya tidak dapat diklik oleh pengunjung.

Di dalam report Google terdapat indikator active-view. Semakin besar nilai active-view maka semakin baik website kalian dan memicu munculnya banyak iklan sehingga besar kemungkinan di klik oleh pengunjung.

Untuk website yang bagus diketahui memiliki pagespeed dibawah dari 3 detik. Untuk mengetahui kecepatan website kalian dapat dicek di gtmetrix.com.

Salah satu cara paling mudah meningkatkan kecepatan Speed adalah menggunakan Script AMP dari google atau Accelerated Mobile Page dimana script ini bakalan sangat ringat ketika run on mobile device.