Panduan Lengkap dan Cara Menjadi Youtuber Sukses Bagi Pemula

Matamu.Net - Era Industri 4.0 praktis membuat orang-raong lebih mendapatkan uang melalu interkasi yang terjadi di dunia maya. Salah satunya adalah menjadi Youtuber.

Pasca terbongkarnya pendapatan Atta Halilintar dan Ria Ricis ke Publik, gerakan menjadi seorang Youtuber di Indonesia bisa dikatakan tidak terbentuk. Ratusan bahkan ribuan Youtuber baru bermunculan, hanya saja tidak semua dari mereka yang memilih terjun ke Youtuber berhasil.

Sebagian besar dari mereka mengalami kegagalan, entah masih pada tahap awal atau sudah sampai tahap dimana mereka kekurangan ide.

Berangkat dari masalah sederhana ini, Matamu.Net ingin mencoba berbagi tips dan Panduan Lengkap mengenai cara menjadi Youtuber from A to Z, seperti beberapa langkah berikut ini.

Cara Menjadi Youtuber dengan memilih gambar

A. Teknik Menjadi Youtuber

Langkah awal yang sebaiknya kita bahas adalah aspek teknik menjadi Youtuber. Teknik berbicara seputar membuat akun, editing sampai mengupload jadi bagi kalian sudah familiar dengan UI dari Youtuber, mungkin sebaiknya skip saja bagian ini.

Namun bagi kalian yang memang baru memulai dari awal atau dari titik nol, simak baik-baik aspek Teknik berikut yang mungkin kalian pandang sebelah mata, karena kalian hanya melihat konten setelah jadi.

1. Memiliki Akun Google

Youtube merupakan situs yang merupakan bagian dari perusahaan IT raksasa Google, oleh karena itu langkah awal yang harus dimiliki seseorang agar bisa menjadi youtuber adalah memiliki akun google yang berinduk pada Google Mail atau Gmail.

Beruntung langkah ini gratis dan kamu hanya perlu memiliki nomor kartu SIM card yang tidak pernah didaftarkan ke google sebelumnya, jika sudah punya akun kamu bisa langusng memulainya. Sebagai Informasi, Satu nomor sim card seluler hanya bisa didaftrakan untuk tiga akun google saja.

Tips : Dalam mendaftar akun google, tidak masalah untuk memiliki nama email yang asal-asalan, misalnya Youtuberwannabe@gmail.com, namun dalam hal mengisi infonrmasi atau biodata, sebaiknya di isi dengan informasi yang benar, karena akun inilah yang nantinya akan menjadi pintu masuknya uang melalui Adsense ke rekening kamu.

2. Mendaftar sebagai Content Kreator

User Youtube terbagi atas dua jenis yang pertama adalah Viewer atau mereka yang aktif menggunakan Youtube sebagai media menonton dan yang kedua adalah kontetn kreator atau mereka yang mengupload Video untuk ditonton oleh oleh Viewer.

Para kontent Creator ini sendiri terbagi atas dua lagi, yang pertama adalah Reoploader atau mereka yang mengopload ulang konten orang lain setelah mengalamji penyaduran, sebagai contoh YT Crash dan Calon Sarjana.

Kategori Content Creator berikutnya adalah Youtuber, atau mereka yang memiliki konten Original yang dimasukkan ke dalam Youtube, pada umumnya Youtuber terkait dengan orang adal dalam video tersebut, namun banyak juga Youtuber yang tidak menujukkan wajah asli mereka seperti chanel DIY atau Do It Your Self yang hanya memunculkan tangan dan proses pembuatan hasta karya saja.

Untuk mendaftar sebagai Content Creator ke Youtube, kamu hanya perlu login ke Gmail kamu saat masuk ke Youtube. Jika belum silahkan login di menu pojok kanan atas.

Setelah login maka Foto kamu akan muncul di ujung yang mengindikasikan akun kamu sudah terkait sebagai Content Creator Youtube.

Tips : Pilihlah nama akun dan chanel yang cathy agar orang lain bisa dengan nyaman menyebut nama chanel kamu jika ingin mengunjungi kamu, misalnya Kime Hime, terdengar simple namun besar,

Posis akun login untuk youtuber

3. Membuat Konten.

Langkah ketiga adalah membuat video yang akan di upload ke Youtube. Langkah ini akan dibahas secara detail setelah bahasan Menjadi Youtuber, yakni pada point B.

Konten yang kamu sediakan tentu saja harus menarik, meskin tidak profesional, intinya adalah membuat orang lain kembali ingin menonton atau paling tidak mengunjungi video kamu yang lainnya.

4. Mengupload Konten

Setelah Video kamu siapkan, Upload Video tersebut di sitelink Youtube yakni Studio.Youtube.com sekaligus sebagai beranda dari Chanel kamu. Agar bisa ke sana kamu cukup mengakses dengan mengklik tombol tanda tanda tambah di dekat foto profil kamu atau klik foto kamu kemudian masuk ke menu Chanel Saya.

Setelah masuk ke sana silahkan Upload Video yang kamu telah buat. Proses ini terbilang cukup lama dan membutuhkan banyak data jadi sangat disarankan untuk menggunakan Wifi agar koneksi lebih stabil dan tidak gagal dalam proses mengupload Video.

Cara masuk ke channel Youtube kamu

5. Memenuhi Syarat Monetize

Monetize adalah memberikan izin kepada google untuk menayankan iklan di Chanell kamu. Iklan ini terkait dengan Google Adsense dan iklan ini menjadi sumber utama penghasilan seorang youtuber, sedangkan mereka yang mendapatkan uang melalui endorsment disebut Selebgram, bukan Youtuber. Namun bisa saja seseorang menjadi Selebgram sekaligus Youtuber seperti Dedy Corbuiser.

Sebagai media profesional dan bernilai materi, maka Youtube tentu saja punya standar yang akan mereka gunakan sebagai syarat sebuah Chanel layak untuk di Monetize atau tidak. Adapun Syarat Umum Monetize adalah :

  1. Mengandung konten yang layak ditonton, tidak berisi kekerasan, kegiatan berbau seksual, penipuan dan konten yang melanggar kebijakan Youtube.
  2. Konten bukan hasil plagiat baik seluruhnya atau sebagaian, termasuk juga back sound yang digunakan. Jika menggunakan lagu orang lain pastikan lagu tersebut berstatus Free Royalti, namun jika tidak maka dapatkanlah izin secara tertulis dari si pemegan hak cipta.
  3. Memiliki paling sedikit satu video dengan panjang durasi lebih dari 90 detik.
  4. Memiliki paling sedikit 1000 Subscriber dengan durasi penayangan paling sedikit 4000 jam.
  5. Tidak melakukan eksploitasi anak di bawah 13 tahun atau konten menampilkan bintang utama anak dibawah 13 tahun.
  6. Memiliki Akun Google Adsense, untuk Adsense yang ebrafiliasi dengan Google, maka si pemohon hanya perlu memenuhi lima syarat di awal, tidak seperti akun Google Adsense Non Hosted untuk situs dan apk playstore.

6. Melakukan Pemasangan Iklan Google Adsense

Setelah akun dan chanel kamu direview oleh google dan dinyatakan layak untuk memunculkan iklan, maka Youtube tetap membutuhkan persetujuan menampilkan iklan. Jadi kamu memilih konten mana yang akan tayang iklan dan tidak tayang.

Setelah iklan tayang maka penghasilan kamu akan dihitung memalui banyak metode dan bisa dilihat di report penayangan iklan kamu, namun sebagai gambaran penghasilan kamu akan ditentukan melalui banyaknya Viewer dan juga jumlah tayang dari video kamu.

Jika kamu melakukan pelanggaran di tengah jalan, maka google adsense akan membeirkan kamu sanksi dalam dua bentuk yang pertama penghentiansementara penayangan iklan dan yang paling berat adalah pemutusan kerja sama akun Youtube kamu dengan Google adsense.

B. Membangun Konten YoutubeYang Menarik

Banyak orang awam di luar sana yang gagal paham mengenai Youtube, mereka selalu berfikiran bahwa hanya orang yang mengerti SEO dan Internet saja yang bisa mendapatkan banyak uang melalui Youtube.

Padahal prinsip utama google dan banyak perusahaan Adverstising lainnya menganut prinsip "Content is A King". Prinsip sudah berlaku sejak dunia periklanan di mulai dan tidak peduli bagaiamana pun bentuknya, baik cetak video, televisi konvensional maupun media online.

Memutuskan untuk menjadi Youtuber, maka kamu harus siap bersaing di dunia creative, dimana hanya yang menarik yang menjadi tenar, namun jangan khawatir, banyaknya penonton Youtube membuat peluang kamu disukai oleh orang-orang juga banyak, karena dunia tidaklah satu selera melainkan banyak selera.

Adapaun langkah-langkah membuat Youtube yang menarik sebagai berikut :

1. Memilih Niche Youtube

Niche adalah tema yang menjadi pokok bahasan dalam Video yang kamu misalnya Niche Tutorial Hijab maka isi dari Blog kamu adalah tutoarial hijab. Jenis-jenis Niche sendiri ada banyak bisa jadi fashion, travel, fotografi dan sejenisnya, tentukan pilihan berdasarkan hal yang paling dekat dengan kamu.

Ada juga Niche yang disebut Gado-gado, alias Niche yang campur aduk, Niche ini tidak disarankan karena sulit untuk melakukan branding imej, kecuali Personal Brandingmu memang kuat seperti Ria Ricis dan Atta Halilintar, namun mereka berdua sendiri memulai konten mereka dari singgle niche.

Niche ini juga akan menentukan dari jenis iklan yang bakalan tayang di chanel youtube kamu, tentu saja nilai setiap iklan beda-beda, dan pada umumnya nilai iklan yang paling tinggi adalah iklan Asuransi, Gadget, Travel, Kesehatan, Fahion dan sejenisnya.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan Niche apa yang paling mudah, cpc dan cmp besar dan tentu kamau pahami. Jangan maksa memilih Niche Cover Lagu kalau suaru kamu lebih cempreng dari kaleng-kaleng.

2. Branding Image

Branding Image adalah memberikan nilai yang melekat pada nama akun kamu sehingga orang-orang bakalan menyebutnya langsung bukan dari hasil pencaran search enggine yang tidak sengaja nyantol di akun kamu.

Bahasa sederhana begini, kamu yang tidak tau konten spesifik dari Atta Halilitar, tapi kok bis atahu nama akun dan chanel youtube-nya? Hal ini terjadi karena Branding dari Atta Halilintar sangat bagus.

Hal sebaliknya juga berlaku, mengapa kamu tahu nama YT Crash? Karena kamu ingin mendapatkan pengetahuan baru yang unik, entah topik apa yang dibahas oleh YT Crash saat kamu baru saja masuk ke channelnya.

Jadi untuk mendapatkan Branding Image yang bagus tips utamanya adalah konsisten pada satu topik atau Niche, hindari pemilihan Niche Gado-Gado.

Tips : Agar orang-rang bisa dengan mudah mengingat kamu, buatlah logo unik dari nama kamu lalu letakkan di bagian tertentu di Video kamu atau sebutkan berulang-ulang agar viewer kamu bisa melihat.

Sebagai Contoh Calon Sarjana selalu membuka dengan kalimat :"Selamat datang di Channel Akun Sarjana" lalu selain itu, Calon Sarjana selalu memberikan logo mereka di pembukaan dengan ukuran besar dan di pojok bawah video.

3. Membuat Draft Video

Setelah memilih Niche, buatlah planning draft Video yang akan kamu upload. Kamu paling tidak kamu sudah memiliki 10 judul Video disertai dengan konsep-konsepnya. Kamu harus konsisten dengan Niche yang sudah kamu pilih di awal agar orang-orang lebih mudah mengenal kamu.

Paling tidak, kamu sudah memiliki tidka memiliki masalah ide di awal, jadi waktu kamu bakalan lebih banyak untuk memikirkan masalah teknik pembuatan video.

4. Membuat Script File

Script file adalah konsep secara keseluruhan dari video yang akan kamu buat, Script ini berisi paling tidak tiga bagian yakni pembuka, isi, dan penutup.

Bagian pembuka berisi ajakan yang memancing rasa penasaran orang lain untuk melihat isi Video kamu, kemuda bagian isi adalah penejlasan utama dari konten yang sedang kamu buat dan yang terkahir adalah penutup yang isinya bisa berupa kesimpulan dan ditambah dengan ajakan Subscribe dan sharing agar video kamu semakin terkenal.

Tips: Kamu adalah content creator pemula, jadi buatlah script yang simple dan bisa dengan mudah divisualisasikan dalam bentuk video, jangan buat yang sulit dan complecated, biar Joko Anwar saja.

5. Merencanakan Proses Perekaman

Setelah berhasil membuat Script susunya rencana proses perekamanya. Langkah ini berisi mengenai perlatan yang kamu butuhkan, namun sebagai pemula biasanya kamu hanya butuh tripod, kamera atau Handphone kelas Middle Up, dan pencahayaan.

Jika kamu belum memiliki pencahayaan, maka ada baiknya kamu memilih waktu yang tepat misalnya jam-jam dimana cahaya matari cukup dan tidak mengganggu pencahayan kamu saat merekam.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan lagi adalah lokasi pengambilan video. Hal ini terkait dengan kondisi disana, misalnya gangguan dari orang lain yang lewat di sekitar kamu saat membuat Video, posisi pohon, bangunan dan benda besar lain yang mungkin saja menghalangi kamu dalam membuat video tanpa pencahayaan tambahan.

Bagian terakhir adalah properti yang kamu gunakan, bak dari segi Baju ataupun peralatan lainnya. Misalnya kamu ingin menjelaskan cara menendang bola biar keras dan terarah maka kenakanlah properti yang sesuai, tidak mesti mahal yang penting sesuai saja.

Tips : Gunakan papan Klip meskipun terbuat dari Whiteboard kecil, hal ini memudahkan kamu untuk menentukan Klip yang mana yang bakalan kamu gunakan dalam video terutama jika ada banyak scene yang bakalan kamu masukkan dalam video kamu.

6. Editing Video

Lakukan editing kecil dalam Video kamu baik itu menyatukan video atau memotong bagian yang mengganggu. Software yang sangat direkomendasikan dalam editing adalah Adobe Priemer namun penggunaan cukup sulit.

Tidak ada salahnya kamu mencoba mencari Software Video Editor yang lebih murah atau mahal gratis sebagai langkah awal, jika software tersebut sudah tidak mampu melayani keinginannmu, maka upgarde software tersebut dengan yang lebih premium.

Tips :

  1. Pilihlah Back sound yang tepat dan tidak melanggar kebijakan plagiat dari google dan youtube
  2. Gunakan transisi yang yang keren jika kamu menggabungkan dua video atau lebih sampai orang lain tidak sadar jika ada transisi scene di sana.
Car mudah software editing Video Adobe Priemer
Interface Adobe Priemer


7. Membuat Tumbnail

Jika kontent kamu sebagai pemula sulit untuk mendapatkan pengunjung, buatlah orang lain penasaran melalui Tumbnail yang Klick Bait.

Thumbnail ini paling adalah potongan gambar yang membuat orang lian penasaran mengkilik dna mencari penejelasan dari gambar tersebut di Video kamu.

Sebut saja Youtube ryang berhasil terkenal memalui metode ini adalah Kime Hime, sayangnya tidak semua orang punya aset yang sama dengan Gamer yang stau ini, jadi kembali lagi ke konten kamu, kira-kira tumbnail seperti apa yang membuat orang penasaran ingin menonton video kamu

Tumbnail seksi ala Kime Hime seksi dan hot manis
Tumbnail Clickbite ala Kime Hime

8. Memilih Hastag dan Caption

Setelah ke tujuh langkah tersebut siap, Upload Video kamu dna bantulah Search Enggine agar bis adnegan mudah mencrawl Video kamu.

Caranya ada banyak seperti memberikan caption dna penjelasan singkat mengenai video kamu. Kalau perlu gunakanlah Hastag karena diluar sana ada banyak orang yang mencari Video dengan menggunakan Hastag.

Bisa juga kamu menyertakn scrip atau kalimat yang kamu ucapkan selama ada di video, jadi lebih praktis dan mudahka karena kamu tidak perlu berfikir mengai Caption lagi.

Tips : Tidak hanya Tumbanil yang Click Bite loh, Caption juga sama-sama bisa click bite. Jadi bijaklah dalam memilih Caption

C. Marketing

Jika kamu sudah sampai pada tahap ini artinya saat ini kamu sudah memiliki chanel youtube dengan beberapa video di dalamnya, tapi gimana hasilnya? Viewer masih sunyi-snyu bae kayak di kuburan?

Yah mengapa orang tidak kekuburan? Karena tidak ada yang menarik di sana, tapi kita tidak sedang membahas kuburan, kita membahasa Viewer.

Mengapa orang-orang tidak mengunjungi Video kamu? Bukan berarti Video kamu tidak menarik, hanya saja orang-orang sulit menemukan atau malah mereka tidak kenal sama sekali.

Oleh karena itu kamu harus promo Video, Film sekelas pengabdi setan saja butuh promo agar terkenal, masa iya kamu yang tidak sekelas Joko Anwar dengan angkuhnya tidak melakukan promosi.

1. Akun Gmail

Promo Video bisa kamu lakukan di teman-teman dekat kamu, pinjamlah Handphone mereka dan mintalah izin untuk menontotn Video kamu sendiri dengan piranti mereka yang sudah terhubung dengan Gmail, lalu subscribe lah.

Jangan sungkan meminta komentar untuk video kamu, jika mereka malas, berilah sendiri komentar ke video kamu menggunakan akun orang lain, lalu jangan lupa membalas komentar tersebut. Interkasi dalam channel kamu juga memberikan nilai Plus di mata google.

2. Sosial Media

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan Video kamu dengan cara sharing langsung videonya di beranda kamu.

Jangan sungkan untuk meminta teman kamu sharing video tersebut toh hal tersebut tidak memakan dana sepeseperpun kecuali kuota, tapi tidak seberapa kok karena yang kamu share link videonya bukan viodeonya.

3. Applikasi Massenger

Cara yang ketiga share lah Video kamu memalui akun massenger kamu seperti Whatsapp di Grup-grup keluarga. Jangan remehkan hal ini karena istana yang paling indah adalah keluarga.

Jangan bosan meminta teman untuk menonton video kamu, lalu mintalah komentar dari mereka agar video berikutnya bisa lebih bagus dari video yang telah kamu buat sebelumnya.

Akhir Kata
Nah itu dia panduan dan cara menjadi Youtuber sukses bagi pemula. Ada banyak langkah lain yang mungkin saja kamu butuhkna untuk melangkah ke hal yang lebih advance seperti menemukan tim yang solid mulai dari Videografer, Scripter dan Admin yang jauh lebih mengerti dari kamu dalam hal promosi.

Hanya saja bersabarlah karena menyewa jasa mereka tidaklah murah. Mulailah dari yang sederhana sampai akhirnya kamu kewalahan melakukan semuanya sendiri, barulah berani menyewa satu demi crew kamu.