Cara Mudah Mendaftar Google Adsense Melalui YouTube Program Partner

Matamu.Net - Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai ‘Cara Mendapatkan Uang dari YouTube’, salah satunya adalah dengan adanya AdSense YouTube. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendaftar Google AdSense YouTube secara lengkap.

Berbicara tentang AdSense YouTube maka yang diperlukan untuk mendaftar adalah akun YouTube. Apabila belum memiliki akun YouTube, maka terlebih dahulu membuat akun YouTube.

Adapun cara membuat akun adalah dengan menggunakan Gmail. Gmail? Yup, pasti dari kalian telah memiliki gmail kan? Setelah itu, buka website www.youtube.com lalu login dengan menggunakan email aktif dan masukkan password.

Akun Google mail yang tergabung dengan Akun YouTube mail

Sementara itu, setelah berhasil login ke YouTube akan terlihat pada dashboard channel yaitu klik Others Features lalu pilih Monetization. Setelah berhasil membuka menu, maka akan terbuka halaman YouTube Partner Program.

Halaman tersebut berisi tentang tata cara atau tahapan untuk mendaftar AdSense YouTube. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas cara mendaftar Google AdSense YouTube yang diketahui terdapat empat tahap. Penasaran apa saja tahap-tahapnya? Yuk, disimak.

1. Persetujuan YouTube Partner Program

Tahap pertama yaitu pesetejuan YouTube Partner Program. Pada tahap ini kalian akan diperlihatkan apa saja aturan-aturan yang berlaku ketika menggunakan YouTube Partner Program. Apabial setuju dengan ketentuan tersebut, maka centang. Kemudian klik ‘I accept’ untuk maju ke tahap selanjutnya.

2. Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense

Bagi kalian yang belum memiliki akun AdSense tak perlu cemas, hal tersebut dikarenakan pada tahap kedua ini terdapat pilihan untuk membuat AdSense loh. Sementara itu, bagi kalian yang telah memiliki akun AdSense sebelumnya, maka bisa langsung dihubungkan dengan akun YouTube.

Form pertama yang perlu diisi untuk menghubungkan akun YouTube dengan AdSense adalah mengisi nama dan informasi lainnya yang berkaitan dengan akun yang dibuat. Setelah selesai mengisi form maka kli ‘Create Account’ untuk membuat akun AdSense.

Setelah berhasil maka secara tidak langsung akan terbuka dashboard Google AdSense. Pada halaman tersebut, kalian kembali diminta untuk mengisi beberapa informasi penting terkait dengan akun yang akan dibuat.

Oh ya perlu diperhatikan juga pada saat mengisi alamat, alamat yang dituliskan harus benar. Hal tersebut bertujuan karena Google menggunakan alamat untuk mengirim kode verifikasi saat saldo AdSense yang kalian miliki telah siap untuk dicairkan.

Jangan lupa klik ‘Submit’ setelah selesai mengisi form agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Setelah beberapa saat akun AdSense ke Google sudah siap digunakan.

Akun YouTube menjadi akun Gmail dan Akun YouTUbe

3. Mengatur Pilihan Monetisasi

Tahap ketiga adalah monetisasi atau mengatur iklan yang akan ditampilkan pada video nantinya ketika YouTube AdSense telah berhasil diteriman oleh Google.

Seperti yang kita ketahui bahwa posisi iklan dalam video menjadi penentu seberapa besar pundi-pundi rupiah yang akan didapatkan dari iklan di video yang diunggah. Nah, untuk mengetahuinya klik ‘Start’ pada halaman Monetization dan pilih ‘Set monetization preference’.

Setelah itu, muncullah empat pilihan tipe iklan, yaitu display ads, overlay ads, sponsored cards, dan skippable video ads. Tipe iklan memiliki fungsi masing-masing. Akan tetapi, dari keempat tipe iklan Skippable video ads yang memiliki potensi paling besar untuk mendapatkan pendapatan banyak. Berikut ini penjelasan masing-masing tipe iklan.

a. Display Ads

Tipe iklan Display Ads muncul pada bagian samping kanan layar. Tipe iklan yang satu ini diketahui muncul dari awal sampai akhir video. Perlu diingat juga bahwa iklan ini muncul ketika pengunjung channel YouTube menggunakan perangkat desktop.

Menariknya lagi, iklan Display Ads ketika muncul tak memiliki suara loh sehingga saat muncul tak mengganggu video yang tengah diputar. Meski begitu, apabila kalian mengklik iklan maka secara otomatis suaranya akan terdengar.

b. Overlay Ads

Tipe iklan Overlay Ads muncul pada bagian layar dan menutup sedikit video yang diputar. Tapi, jangan pusing dulu, meski menutupi sedikit video yang diputar iklan Overlay Ads dapat ditutup secara manual.

c. Sponsored Cards

Tipe iklan Sponsored Cards adalah tipe iklan yang baru di YouTube. Cara kerja iklan yang satu ini yaitu dengan mnampilkan sebuah teaser pada pengunjung video. Akan tetapi, berselang beberapa detik teaser tersebut akan diganti dengan tampilan ikon kartu.

Iklan Sponsored Cards dapat ditutup secara manual atau bisa juga mengkliknya untuk mengetahui informasi iklan yang ditampilkan secara detail.

d. Skippable Video Ads

Iklan Skippable Video Ads merupakan tipe iklan yang sangat sering muncul dalam video. Yup, iklan yag satu ini selalu muncul pada awal video atau bahkan di akhir video yang ditonton. Akan tetapi, ada juga iklan yang kerap muncul di bagian tengah-tengah video.

Perlu diketahui juga bahwa iklan Skippbale Video Ads memiliki durasi bermacam-macam ada yang hanya lima detik. Ada pula yang sampai beberapa menit. Meski begitu, kalian dapat mengklik Skip apabila tak ingin menonton iklan lama.

Itulah keempat tipe iklan. Setelah memilih tipe iklan yang diinginkan maka jangan lupa klik enable opsi ‘Monetize all existing and future videos’.

Iklan jenis Clip board card YouTube

4. Review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber

Setelah ketiga tahap untuk mendaftar AdSense YouTube telah diselesaikan, itu berarti kalian telah berhasil mendaftar YouTube AdSense. Setelah itu, tinggal menunggu informasi yang akan dikirimkan melalui email.

Kendati demikian, selanjutnya yang perlu kalian fokuskan adalah membuat konten yang menarik dan bermanfaat agar dapat terdaftar di Google AdSense dengan 4 ribu jam tayang dan 1000 subscriber dalam kurung waktu secepatnya.

Secara tidak langsung konten yang kalian dibuat menjadi pertimbangan apakah sudah layak atau belum untuk dijadikan YouTube Partner Program. Lagi-lagi keputusan tersebut akan dikirimkan melalui email dan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keputusan final. Bisa saja hampir satu minggu sampai dengan berbulan-bulan.

Usahakan video yang kalian buat dapat dilihat secara publik agar ketika tim YouTube menghitung jam tayang dapat terhitung semua dari keseluruhan video. Apabila tidak mencapai 4 ribu jam tayang maka kemungkinan besar tim tersebut tak bisa mempertimbangkan channel YouTube kalian.

Akhir Kata
Sudah jelaskan penjelasan tentang cara mendaftar Google AdSense di YouTube? Meski tahapannya cukup sederhana lantaran telah ditunjukkan di dashboard Creator Studio YouTube, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca artikel ini.

Tak hanya itu, semoga artikel di atas dapat membantu teman-teman mengetahui tentang AdSense di YouTube dan cara-cara untuk mendaftar AdSense di YouTube. Selamat mencoba! Semoga berhasil dan bermanfaat.