Mengenal Jenis-Jenis OS Smartphone (Operating System)

Matamu.Net - Mengapa sebuah ponsel dikatakan smartphone? Yah karena mereka punya sistem operasi atau lebih dikenal dengan nama OS.

OS ini memberikan framework kerja dan menentukan kinerja dari sebuah Smartphone, namun lebih jauh dari sekedar framework kinerja Smartphone, OS bia membentuk ekosistem penggunan dan membuat sebuah ponsel justru semakin terkenal atau tenggelam.

Sebut saja OS paling tenar saat ini yakni Android, ekosistem Open Source membuat banyak pengembang yang menyediakan aplikasi ke Android, dan hasilnya semakin banyak pengguna OS ini.

Lantas selain Android apa saja OS yang ada di dunia? Berikut ini ulasannya versi Matamu.Net.

1. Android

Android adalah sebuah OS tipe open source yang diperkenalkan pada tanggl 5 November 2007 silam. Awalnya Android bekerja sama dengan Open Handset Alliance menyatakan dukungan mereka kepada pengembangan software berbasis Open Source.

Dalam upaya pengembangan Android, Android Inc mengadakan konsorsium untuk mengemabngakn OS berbasis Open Source dengan mengundang 34 perusahaan IT papan atas dunia seperti HTC, Google, Intel, Motorola, NVidia, Qualcom, T-Mobile dan sejenisnya.

Android kemudian dibeli oleh Google Inc, lalu pihak google mengembangkan kode-kode Android dibawah lisensi Apache. Statusnya yang berupa Open Source membuat banyak pihak tertarik dengan sistem operasi dan hasilnya ada banyak developer software yang mencoba mengembangkan applikasi berbasis Android.

OS Andoris selalu mengalami perubahan dengan kode name yang merujuk pada alfabet dan makanan, diaman Andorid komersial pertama diberi nama API Cupcat, lalu disusul oleh Donat, Eclair, Froyo, Ginger Bread, Honey Comb, Ice Cream Sandwich, Jelly Beand, Kit Kat, Lollypop, Marshmellow, Nugget, Oreo, dan Pie.

Saat ini Andorid sedang mempersiapkan Android API terbaru Q, namun belum dirilis sampai berita ini diturunkan.

Logo OS Smartphone terkenal dan opensource Android

2.iOS

iOS adalah singkatan dari Iphone Operating System yang diperkenalkan oleh Apple Inc. OS ini diperkenalkan pada tahun 2007 bersamaan dengan diluncurkannya Smartphone Iphone dan MP3 Player online pertama berbasis OS, iPod Touch.

Berbeda dengan Android yang open Source, iOS malah dirancang esklusif hanya untuk perangkat iPhone, namun karena banyaknya pengguna iPhone, banyak developer Software yang mengembangkan Andorid juga mengembangkan Software berbasis iPhone.

Software ini kemudian distore di iStore namun karena Apple inc tidak menjalankan Adsense maka praktis semua applikasi di Iphone berbayar, kecuali applikasi yang mengandalakan Microtransaction dan pembelian di dalam Aplikasi, barulah Applikasi tersebut diberikan gratis.

Seiring dengan perkembangan pengguna iPhone dan seri iPhone yang kini sudah sampai ke iPhone 11, iOS juga mengalami pengembangan yang cukup pesat, hanya saja penamaan disesuaikan dengan peluncuran iPhone yakni sekarang sudah sampai pada iOS 11, berbeda dengan penaman OS versi Laptop mereka yang diberi nama taman-taman nasional di Amerika Serikat.

Logo OS Smartphone  iPhone iOS

3. Windows Phone

Melihat perkembangan penggunaan Samrtphone yang cukup pesat, membuat perusahana besutan Microsoft ini juga ikut meluncukan OS untuk Smartphone mereka.

Meskipun bukan open Source, Windows Phone lebih flexible dalam hal penerapan dimana Microsoft akan memberikan hak kepada vendor smartphone yang ingin menggunakan OS mereka namun tentu saja berbayar.

Sebut saja generasi pertama Windows Phone yang menganut sisten East Plug to Windows pada oktober 2011. OS Ini pertama kali dibenamkan di Smartphone premium milik Sony Ericcson seperti Sony Ericson M1 yang menggunakan hard keyboard Qwerty degan konsep slider.

Windows Phone sempat muncul pada versi Samrtphone Nokia ketika ingin kembali mengulangi kejayaannya, namun iklim Android yang sudah terlanjur besar membuat Windows harus buang handuk dan pasrah bermain di Dekstop yang sudah lama mereka kuasai.

Logo OS Smartphone terbaru milik Nokia Windows Phone

4. Black Berry OS

Black Berry OS adalah sistem operasi milik perusahaan IT, Mobile yang dikembangkan oleh Research in Motion atau RIM.

Pada awal pengembangkan OS ini tidak hanya ditujukan untuk hanphone Balck Berry namun terbuka untuk Smartphone apa saja, sebut saja perusahaan Smartphone sekelas Siemens pernah menggunakan OS ini pada tahun 2005.

Masa jaya OS meledak ketika presiden Amerika Serikat Barrack Obama membuat kebijakan OS BB boleh digunakan di gedung putih dan Pentagon, hasilnya banyak orang yang ikut wabah viral terlebih saat itu BB OS memiliki layanan massenger ringan yang pertama yang tidak menggunakan Pulsa seperti SMS.

Hasilnya ada banyak orang membeli handphone Blackberry untuk mendapatkan PIN BB sehingga menggunakan BB Massenger, namun sayangnya munculnya Whatsapp dan Line dianggap bertanggung jawab atas turunnya pengguna BB massenger yang eksklusif hanya untuk Smartphone BB.

Langkah keliru lain yang dilakukan oleh BB adalah mengizinkan BB massanger dikembangkan di iOS dan Apple sehingga Software ini menjadi gratis, namun penggunannya tidaklah sebesar ketika Barrack Obama mengumumkan dirinya adalah pengguna BB.

Hasilnya RIM akhirnya menyatakan menshut Down layanan Massanger mereka dan juga menjadi lobang untuk kuburan Smartphone BB di dunia, termasuk Indonesia tentunya.

Logo OS Smartphone RIM Blackberry

5. Symbian 40 OS

Symbian 40 adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan ponsel genggam asal Finlandia, Nokia di Smartphone mereka.

Software ini juga memiliki banyak applikasi yang dapat diunduh di nokia Symbian Store namun sayangnya pihak Nokia sebagai pemilik OS ini malah lebih memilih mengembangkan perangkat keras mereka atau model-model handphone mereka dibandingkan melakukan pengembangan di sisi software.

Tercatat ada lebih dari 150 model ponsel yang dikeluarkan oleh Nokia mengadopsi OS ini. Memang pada masanya ketika nama Samsung dan Apple belum berkembang bebas di pasar Smartphone, bahkan menguasai lebih dari 80 % ponsel di seluruh dunia.

Hanya saja kurangnya startegi pengembangan Software membuat user mulai meninggalkan Nokia yang dianggap terlalu monoton dalam menyediakan user interface yang menarik. Terlebih tidak ada-nya dukungan dari pengembang software membuat Symbian Store sangat sunyi dan nyaris tidak laku.

6. Symbian OS

Symbian OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang banyak dirancang untuk perangkat bergerak generasi awal.

Nokia sendiri mendapatkan hal eksklusif untuk Symbian 40, namun Symbian juga digunakan oleh banyak perusahaan Samrthone kala itu seperti Sony Ericcson, PAnasonic, Siemens, Benq, Ericsson, dan Samsung diman akala itu perusahaan korea ini juga ikut arus hanya berfikir pengembangan model saja bukan dari segi Software.

Symbian OS sebenarnya memiliki banyak update dan perkembang hanya perkembangan sangat monoton membuat orang-orang tidak sadar jika Symbian OS punya banyak versi seperti OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia N95 sendiri menggunakan Symbian OS eksklusif dari v9.2 sebagai bentuk penghargaan dari Symbian atas pangsa pasar yang besar untuk Nokia.

Saat ini hampir sudah sulit menemukan Smartphone ber OS Symbian meskipun Symbian masih sempat membuat Update terakhir dari Symbian yang dikenal dengan Symbian Anna yang digunakan oleh Nokia x7-00 dan e6-00, lalu versi terakhir diberi nama Symbian Belle, dari namanya sepertinya Symbian punya rencana panjang untuk mengembangkan seri Symbian sampai seri c, d dts, namun sayangnya pasar berkata lain.

Logo OS Smartphone Nokia terbaru Symbian

7. Bada

Pernah dengar nama Samsung tapi tidak pernah mendengar nama Bada? Kalau benar, kamu keterlaluan. Samsung yang merajai hampir 60 % pasar Samrtphone di dunia sebenarnya memilik operating system yang diberi nama Bada.

Sevara harfiah Bada memiliki arti "Laut" dalam bahasa Korea, sehingga Samrtphone pertama yang menggunakan OS diberi nama Wave oleh pihak Samsung. Hal yang diusung samsung mengembangkan software mereka adalah menyediakan Smartphone murah yang bandel.

Logo OS Smartphone dari KOrea Selatan Samsung Bada

8. Hongmeng OS

Hongmeng OS atau Harmony Operating Sistem adalah operator yang belakangan banyak dibicarakan pasca perang dagang antara Amerika dan China berlangsung sangat ketat. Pihak Google yang dilarang melakukan hubungan dagang dengan China akhirnya memutuskan distribusi layana Google untuk perusahaan IT china.

Hal ini berdampak juga pada perusahaan Samrtphone raksasa milik China yakni Huawei, seperti yang dijelaskan diatas, Andorid tanpa ekosistem yang bagus itu tidak ada bedanya dengan Symbian dan Bada, oleh karena Andorid yang terinstal di smartphone Huawei bakalan hampa tanpa layanan Google di dalamnya seperti Playstore dan Gmail.

Perang ini ditanggapi oleh pihak Huawei dengan menyatakan bahwa mereka akan mengembangkan OS Hongmeng atau Harmony OS. Huawei telah mengumumkan rencana mereka mengembangkan Hongmeng pada 9 Agustus 2019.

Hongmeng sendiri dirancang menjadi pesaing android yang berbasis Open Source dan tidak hanya digunakan di Smartphone tapi juga di beberapa produk Huawei seperti Smart TV, In-Car Interteiment dan Wareable Device seperti Watch, Speaker, dan sejenisnya.

Logo OS Smartphone kipas merah Huawei

Akhir Kata 
Nah itu dia delapan OS yang sangat terkenal dan banyak digunakan di Wireless Devies seperti Smartphone jadi bukan cuman Andorid, BB dan iOS doang. Bahkan masih ada banyak OS lain yang tidak begitu populer namun pernah dikembangkan dan jalan pada beberapa perangkat seperti

  1. Grid - OS di 4 Grid Smartphone dan 10 Grid tablet
  2. Milo 4 - Os yang rilis pada 14 Februari 2011 yang menitikan beratakan pada pengembang UI seperti Fleksible, Widgetdan Efek 3D
  3. Linux Based OS - OS yang banyak digunakan di china dan juga Motorolla, sedangkan di Jepang DoCoMo juga menggunakan Linux Based OS yang lebih open Source dan berbasis Unix
  4. MeeGo - OS yang dikembangkan oleh Nokia dan dan Intel berjenis Opensoruce dan dibenamkan pada Smartphone Moblin dan Maemo.
  5. Palm OS - Generasi awal Smartphone berbasis PDA yang banyak digunakan oleh Device Garnet dan Palm. Basis teknologi utama adalah Web 2.0
  6. Aliyun OS - Ose yang dikembangkan oleh perusahaan Mobile yang banyak digunakan di Device Wireabel mereka dengan basis server utama AliCloud yang merupakan anak perusahaan Alibaba milik Jack Ma.
  7. Firefox OS - OS berbasis open Soruce dari kode Unix yang dikembangkan oleh Mozilla 
  8. Mi OS - Pengembangan Andoris OS untuk perangkat Xiao Mi yang lebih banyak iklannya dan juga Easy to Acces ke sistem root
  9. Google OS - Pengembangan Android untuk Google Phone
  10. Mer Project - Mer merupakan OS yang ditujukan untuk perangkat yang ingin menggunakan bahasa QML dan HTML5 
  11. Brew - OS yang banyak digunakan oleh device milik Mobile namun tidak begitu populer.
  12. SHR - OS yang dikembangkan dari bahasa Unix dan Kernel milik Linux untuk Smartphone.
  13. webOS - OS yang juga dikembangkan untuk Kernel milik Linux yang dikembanghkan oleh Palm dengan nama Palm Pre.
  14. Danger OS - Danger OS merupakan OS berbasis JAVA hampir sama dengan Symbian. Danger banyak digunakan pada tahun 2002 sampai tahun 2010.
NAh ternyata dari sekian banyak OS, sebagian besar OS dikembangkan dari bahasa Unix dan Linux yang memang pertama kali mencetuskan Software open Source termasuk iOS dan Android. Gimana sudah tahu jenis-jenis OS kan?