Kenali Jenis-Jenis Blue Screen - Penyebab dan Cara Memperbaiki masalah Blue Screen

Matamu.Net - Blue Screen adalah masalah yang terjadi pada perangkat Windows dimana system akan masuk ke layar sejenis CMD tapi berwarna Biru. Layar tersebut dipanggil dari Bios untuk memberikan informasi kepada user mengenai kendala teknis yang dialami oleh device.

Jenis-Jenis Penyebab Blue Screen pada Windows.

Blue Screen disebabkan oleh masalah-masalah yang terkait dengan Mother Board dan perangkatnya, oleh karena itu jenis-jenis blue screen ada banyak, tidak melulu mengenai masalah RAM pada perangkat.

Petunjuk pertama selalu ada pemebritahuan di bari ke tiga atau ke empat saat Blue Screen terjadi, user sisa perlu mendapatkan imformasi dari screen tersebut dengan cara membaca tipe-nya, namun paling tidak berikut ini adalah kumpulan jenis penyebab terjadinya Blue Screen

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Penyebab : Masalah terjadi pada ketidak sesuaian driver VGA Card dengan Hardware yang terinstall pada Mother board.

Solusi : Cari driver versi terbaru dari VGA Card anda, agar lebih mudah instal melalui Update Software otomatis dari windows, jika tidak bacalah petunjuk yang terleltak pada box VGA card anda.

Penyebab : Masalah juga terjadi pada saat VGA card selalu dipaksa bekerja Overclock seperti saat rendering file-file Video full HD.

Solusi : Cek apakah VGA card masih berfungsi dengan baik atau tidak, jika tidak gantilah VGA Card tersebut.

deteksi penyab Bluse Screen pada Windows

2. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab : Pesan erorr terjadi disebabkan oleh kesalahan proses intalasi VGA Card yang tidak sempurna.

Solusi : Cabut ulang VGA card, jika perlu bersihkan pin-pinya lalu pasang ulang VGA Card.

3. DATA_BUS_ERROR

Penyebab : Slot memory USB atau colokan di tempat memory rusak / tidak terhubung

Solusi : Cek dengan seksama, jika bisa dicopot segera copot dari Mother Board jika bisa, jangan gunakan colokan USB yang eror.

Cara Deteksi : Coloklah sebuah USB lalu copylah beberapa file besar dari USB tersebut. Jika terjadi Blue Screen maka tutup colokan tersebut.

4. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab : Pesan eror berkaitan dengan sistem penyimpanan tapi bukan pada Memory Drive, kebenyakan disebabkan oleh kabel SATA dan PATA.

Solusi : Perbaiki Colokan pada kable SATA atau PATA, dengan cara mencabut lalu memasangnya kembali.

Penyebab : Jika sudah dilakukan namun belum baik mungkin disebabkan oleh Memory Drive, lakukan cewek partisi pada hardisk dengan tools chkdsk/

Solusi : Jika memang bermasalah pada partisi, maka back up data lalu, partisi ulang Hard Drive anda.

5. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab : masalah Blue Screen disebabkan oleh beberapa hal namun semuanya disebabkan oleh panas. Adapun penyebab utamanya adalah :

  • Overclock CPU atau VGA yang berlebihan
  • Komponen komputer terlalu panas
  • BIOS Korup
  • RAM, VGA dna CPU surim.

Solusi : Lakukan pembersihan ulang pada computer seperti :

  • Pasangkan pasta ulang
  • Bersihkan kipas pendingin CPU, VGA dan Exhaust
  • Bersihkan lubang-lubang Exhaust dari debu atau tambahkan kipas Exhaust.
  • Ganti sistem pendingin menggunakna sistem Tower atau Liquid.

6. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab : Pesan Error ini muncul karena Mother gagal membaca Memory utama (L2 Cache), VRAM atau RAM. Pesan ini dipicu oleh kegagalan Hardware.

Solusi : Bonkar perangkat dan piranti yang melekat pada Mother Board kemudian bersihan pin-pinya, jika belum terjadi perubahan, maka perangkat harus diganti.

7. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab : Pesan muncul karena perangkat gagal membaca Main Drive Memory (Harddisk atau SSD). Penyebabnya bisajadi karena Virus Boot Sektor, Kesalahan Driver Chipset atay Salah menginstal Driver IDE Controller.

Solusi : Instal ulang ke dua driver tersebut dengan tipe yang sesuai dengan perangkatyang terpasang, jika belum silahkank partisi Memory Drive utama.

8. PEN_LIST_CORRUPT

Penyebab : Kerusakan fatal terjadi pada RAM

Solusi : Ganti perangkat RAM yang rusak dengan yang baru.

9. BAD_POOL_CALLER

Penyebab : Kesalahan terjadi karena Driver tidak Compotible dengan OS yang terpasang. Kebanyakan terjadi setelah melakukan instalasi windows atau update ke OS yang lebih tinggi.

Solusi : Kembali ke OS versi sebelumnya atau yang masih kompetible, jika tetap mau melakukan updates OS silahkan ganti perangkat.

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Penyebab : CPU tidak bekerja sebagai mestinya, bisa jadi disebabkan oleh Cacat produksi, kontrol daya tidak berjlana dengan baik terlalu rendah atau over power.

Solusi : Periksa perangkat PSU yang digunakan jika tidak, coba ganti prosessor utama dari perangkat.