Review Lenovo IdeaPad L340 15IRH - Laptop Gaming dengan Harga Murah

Matamu.Net - Mahasiswa itu tidak selamanya mengerjakan tugas kampus melulu kan, tapi juga butuh mengembangkan diri seperti belajar IT dan juga hiburan seperti bermain game. Kalau begitu agar semuanya dapat terakomodasi, mahasiswa harus punya banyak uang untuk beli PC yang bisa mengakomodasi tiga hal tersebut donk?

Yup memang pekerjaan yang melibatkan software seperti Adobe Photoshop, Adobe AI, Adobe Priemre dan bermain game berat membutuhkan Computer dengan spesfikasi gahar. Untuk spesifikasi Laptop mungkin beberapa jenis Laptop sudah mumpuni untuk melakukan task-task berat dari software di atas.

Nama Laptop Asus ROG mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang menginginkan Laptop dengan tenaga yang luar biasa, namun tentu saja Buget dari Asus terbilang cukup tinggi mengingat desainnya yang khas dan juga piranti kelas premium yang dibenamkan di Mother Board Asus ROG.

Tapi Laptop Gaming itu tidak melulu tentang Asus ROG kok, ada juga Laptop yang lumayan bersahabat dengan kantong mahasiswa dengan kemampuan yang layak diacungin Jempol.

Review Laptop Gaming dengan harga murah

1. Body Lenovo IdeaPad L340 

Lenovo IdeaPad L340  menawarkan Laptop dengan dimensi 14,3 inci x 10,0 ini, untuk ketebalan sendiri lenovo terbilang cukup tipis untuk seri gaming yakni hanya mencapai ketebalan 0,9 inci. Total berat IdeaPad cukup ringan yakni hanya 2,2 Kg.

Dimensi yang cukup nyaman untuk digunakan oleh mahasiswa ke kampsu dibandingkan dengan Laptop gaming berspesifikasi gahar tapi ukurannya besar. Agar lebih menarik dan menonjolkan sisi Gaharnya, IdeaPad 340 membenamkan LED biru di bawah Tuts Keybard mereka, jadi cukup handal digunakan dalam keadaan gelap.

Hal yang menarik lainnya dari Lenovo IdeaPad L340 ini adalah flesibilitas dari layarnya yang bisa digesar sampai 180 derajat dan sejajar dengan Keyboard, jadi kamu bisa sesuka hati mengatur posisi layar ke mata kamu samapi nyaman.

Kompotible adalah sebuah keharusan untuk laptop-laptop dengan multi purpose, hal ini juga sangat dipahami oleh Lenovo, sehingga Laptop mereka juga dilenagkapi dengan banyak Slot seperti Port USB 3,1 sebanyak 2 slot dan USB type C satu Slot

Bagi kamu yang suka persentasi atau nonton di bantuan Proyektor, di sisi Laptop ada Port HDMI 2.0 dan juga kabel colokal LAN tipe RJ45. Lalu Lenovo memberikan satu slot colokal Headphone yang bisa combo dengan microphone.

Untuk koneksi non kabel, Lenovo membenamkan dua koneksi standar yakni  2x2 WiFi 802.11 ac 4 dan Bloetooth 4.2. Yah Harus donk, Laptop Gaming harus punya Bluetooth agar koneksi Mouse tidak ribet lagi memakai tipe kabel atau malah tergangung dengan Mouse dengan tipe Built in WiFi yang selalu menggangu kinerja WiFi utama ketika digunakan.

Performa berat Lenovo IdeaPad L340 bakalan tetap stay cool dengan dengan dua kipas pendingin. Satu kipas dipasang tepat diatas Prosesor utama dan yang satu lagi digunakan untuk mengisap panas di area sekitar Mother Board.

Kipas dan isi dalam dari IdeaPad L340  laptop Gaming


2. Intel Inside

Untuk segi kenyamana, Mother Board Ideapad 340 tipe 15IRH hanya dirancang bekerja sama dengan produk dari Intel, oleh karean itu laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Generasi 9th, dengan kecepatan Intel® Core™ i7-9750H Processor yang kecepatan bisa di boost sampai dengan 4,50 GHz dengan kecepatan pada saat low usage sekitar 2,60 GHz.

Prosesor ini dilengkapi dengan Cache sebesar 12 MB yang cukup besar sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan jika tiba-tiba Laptop Terestrat tiba-tiba, tapi hal ini hampir tidak pernah terjadi dengan Lenovo IdeaPad L340 .

Bagi yang belum bisa membeli seri IdeaPad L340  dengan prosesor Intel® Core™ i7-9750H Processor, Lenovo juga menyediakan seri yang sama dengan porsesor Intel® Core™ i5-9300H Processor yang sama-sama sudah generasi 9TH dengan kecepatan 2,40 GHz dan kecepatan boosting sampai 4,10 GHz. Untuk ukuran Chache sudah cukup besar dengan kapasitas 8 MB.

Penggunaan Intel sebagai Prosesor pada Ideapad 340 ini dianggap sangat tepat mengingat mudahnya melengkapi kebutuhan Laptop jika sewaktu-waktu laptop bermasalah. Replacement samapi dengan penggantian piranti bakalan sangat aman, termasuk juga supporting after sale produk-produk dari intel yang sudah perlu diragukan lagi.

Belum lagi Lenovo betul-betul ingin mengurangi kekhawatiran anda dengan memberikan latan garansai dengan tipe Accidental Damage Protection dan Premium Care yang membuat kamu cukup pakai saja, tidak perlu khawatir dengan perawatan. Durasi garansinya pun cukup panjang yakni sampai 2 tahun.

3. Penyimpanan

Prosesor berpsesifikasi gahar tersebut bakalan optimal untuk menjalankan RAM sampai dengan 16 GB untuk Core i5 dan 32  GB untuk Core i7, namun Lenovo hanya membenamkan RAM sebesar 8 GB. Kapasitas ini sudah sangat besar untuk pekerjaan mahasiswa bahkan untuk melakukan kerja berat dengan program bersat seperti Adobe AI dan Adobe Priemer.

Untuk piranty penyimpanan utama, Lenovo sudah sejak lama meninggalkan mekanikal Disk, sehingga sangat wajar jika Lenovo IdeaPad L340 dibekali dengan SSD 512 GB, lebih kerennya SSD ini adalah Tipe M.2 NVME yang kecepatan bisa sampai 25 kali lebih cepat dari tipe SSD SATA, jadi jangan bayangkan jika kamu hanya bekerja dengan HDD, pasti bakalan kalah jauh.

512 GB ini sudah sangat besar digunakan untuk menyimpan file kerja kita yah kecuali kamu lagi iseng menyimpang film-film Ultra HD dengan Laptop kamu which is semua orang tahu kalau HDD eksternal itu jauh lebih baik.

4. Windows 10 Home Edition

Sebagai bentuk dukungan Lenovo akan pentingnya kegiatan anti plagiat dan pencurian kekayaan intelektual, Lenovo menyertakan dalam paketnya Windows 10 Home Edition lengkpa dengan Software sejuta umat, Microsoft Office Home & Student Edition 2019.

Lincens diberikan kepada pemilik laptop hanya ke perangkat saja namun lumayan karena bisa berlaku seumur hidup atau sampai Laptop kamu benar-benar tidak bisa digunakan lagi. Ini termasuk Give Away mungkin dari Lenovo, dimana harga Lincensi produk Bill Gate ini umumnya dibanderol dengan harga 1,8 juta rupiah, itupun kalau harga Dollar stabil.

5. Display

Bukan Laptop Gaming namanya kalau tidak dilengkpai dengan Display premium, namun sepertinya kami agak kebingungan mau mulai review dari mana, karena semua piranti Lenovo IdeaPad L340 terlalu menarik untuk dibahas.

Tapi mari kita mulai dari Dimensi layar. Sebagai Laptop Gaming sudah sewajarnya IdeaPad L340  enayangkan Dipslay melalui layar IPS berukuran 15,6 inci. Layar ini dilengkapi dengan ukuran Pixel FHD yakni 1820 x 1080 pixel. Anti galre dengan jumlah gamut warna samapi 250 Nit 45%.

Kualitas layar ini tidak hanya memberikan warna yang super kontras tapi juga bakalan sangat nyaman dimata jadi kamu bisa berlama-lama bekerja dengan Laptop ini.

Sedangkan piranti Graphics Processor Unit (GPU) nya, Lenovo mempercayakan pada "kekasih" Intel yakni NVIDIA® GeForce® GTX 1050 3 GB. Memang sih GTX 1050 belum masuk kategori super premium, namun GPU ini sudah memiliki performa yang setara dengan GTX 75 Ti.

Memory 3 GB dari GTX 1050 ini bertipe GDDR 5 dengan memory bus 96 bit. Uji memory Clock Speed dari GPU ini bisa menembus 7 Gbps. Tipe ini sudah sangat mumpuni dengan output didesain untuk DVI, HDMI dan Display Port.

GPU ini dilengkapi dengan 768 Cuda Core yang membuat desain fisiknya mitip dengan NVIDIA GTX 20150 Ti. Kalau kita merujuk pada situs remsi NVIDIA, GTX 1050 3 GB bisa bekerja lebih cepat 10 % dibandingkan dengan GTX 1050 2 GB, namun keduanya sudah sangat handal untuk menjalan game-game berat pada kecepatan 60 fps seperti PUBG, DoTA 2, Minecraft, dan GTA V.

Selain tipe ini, Lenovo juga menjodohkan Lenovo seri Intel® Core™ i7-9750H dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 GDDR5 4GB, tapi tentu saja harganya dijual lebih mahal dari seri yang lebih rendah, sisa timbang-timbang kondisi kantong kamu.

IdeaPad L340  GTX keren dan harga murah

6. Audio

Untuk output Suara, Lenovo memeprcayakan perangkat audio IdeaPad L340 pada Dolby Audio®, yang membuat suaranya sangat nampol lah. 3D sound ini sangat layak jika dipadukan dengan perangkat Sound External yang mumpuni, namun Lenovo sendiri sudah membenamkan seprak 1,5 W di sisi kiri dan kana Laptop.

7. Kamera

Untuk Video Call dan streamin standar, Lenovo memberikan fitur enhaced graphics dan Privacy Shutter di bagian atas layar. Fungsi Privacy Shutter ini membuat kamu lebih mudah mematikan atau menyalan kamera pada Laptop.

8. Power

Untuk menungjang performa dari Lenovo IdeaPad L340 - 15IRH, Baterai 3 cell dengan kapasitas 45 Wh bisa menunjang kerja kamu selama kurang lebih 6 jam untuk low performa sedangkan untuk high performa mungkin hanya sanya sampai 3 jam. Tapi masa iya kamu terus-terus menerus memaksa kerja prosessor selama 3 jam.

Akhir Kata

Gimana dengan spesifikasi dari Lenovo IdeaPad L340? Memang sedikit berlebihan untuk dikategori sebagai Laptop Mahasiswa, namun bukan Lenovo namanya kalau Budget dijual dengan harga malah. Untuk Laptop dengan Spesifikasi Core i5 dibanderol dengan harag 10 sampai 11 jutaan sedangkan untuk core i7 dibanderol dengan harag 13 jutaan, jadi sudah taukan yang mana yang akan kamu miliki?