Perbedaan layar IPS LCD vs Super AMOLED

Matamu.net - Zaman sekarang smartphone sebagian besar tersusun atas layar. Tak hanya itu, untuk smartphone kalangan kelas atas justru memiliki dua jenis layar, yaitu layar IPS LCD (In-Plane Switching Liquid Crystal Display) dan juga layar Super AMOLED (Super Active Matrix Organic Light-Emitting Diode). Kedua jenis layar ini diketahui memiliki kualitas yang baik. Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ulasan perbedaan layar IPS LCD dan layar Super AMOLED.

Layar IPS LCd dan layar Super AMOLED dikembangkan oleh dua raksasa pengembang smartphone. Oleh karena itu, kualitas dari kedua layar tersebut sudah tak diragukan lagi. Akan tetapi, tak jarang ada yang mempertanyakan apa perbedaan keduanya. Kali ini, akan dibahas perbedaan keduanya yang dilihat dari lima sudut pandang.

1. Penggunaan Baterai

Salah satu yang menjadi pertimbangan ketika membeli sebuah smartphone adalah penggunaan baterai. Seperti yang kita ketahui bahwa aktivitas dalam penggunaan smartphone sebagian besar memanfaatkan penggunaan baterai termasuk aktivitas layar.

Kendati demikian, perbedaan dari layar IPS LCD dan Super AMOLED berdasarkan penggunaan baterai diketahui keduanya memiliki konsumsi baterai yang rendah. Akan tetapi, pihak pembuat layar Super AMOLED mengungkapkan bahwa layar tersebut dapat menghemat penggunaan baterai 10 kali lipat lebih rendah.

Malahan apabila smartphone menggunakan wallpaper yang berwarna hitam pada layar Super AMOLED, maka penggunaan baterainya lebih hemat lagi lantaran warna hitam tersebut tidak dihasilkan dari warna.

2. Kejernihan Layar dan warna

Layar IPS LCD mempunyai warna gamut yang cukup bagus serta menghasilkan warna yang sangat atural. Akan tetapi, untuk masalah kontras warna hitam dan putih, layar IPS LCD masih kurang dan warna hitam dan putih yang dihasilkan belum sempurna.

Hal tersebut dikarenakan warna hitam dan putih disusun oleh cahaya pada layar. Walaupun begitu, layar IPS LCD baik digunakan ketika berada di bawah sinar matahari langsung tanpa harus membuat layar menjadi lebih cerah.

Sementara itu, untuk layar Super AMOLED diketahui memiliki kontras warna yang sangat tajam. Apalagi warna hitam yang dihasilkan oleh layar Super AMOLED tidak memakai pencahayaan tambahan. Apabila warna hitam muncul pada layar maka piksel akan dimatikan.

Tak hanya itu, layar yang satu ini juga bisa mengupdate piksel secara otomatis. Namun, jika diperhatikan lama kelamaan warna putih yang dihasilkan oleh layar Super AMOLED akan seperti warna kekuningan. Bisa terlihat dengan jelas layar mana yang bagus jika dilihat dari perbedaan yang kedua.

Layar LCD Perbandingan Keren dan Cerah Amoled IPS

3. Waktu Respons

Layar Super AMOLED diketahui mampu mengupdate piksel secara sendiri. Berbeda dengan layar IPS LCD yang mengupdate piksel secara bersamaan. Terlihat jelas dari keduanya bahwa layar Super AMOLED lebih cepat dalam hal respons time dan refresh rate. Namun, apabila pengguna tidak mempermasalahkan terkait dengan respons time layar IPS LCD juga dapat diperhitungkan.

4. Ketahanan Layar

Layar IPS LCD lebih tebal dibandingkan dengan layar Super AMOLED dikarenakan layar IPS LCD memiliki backlight yang berfungsi sebagai penghasil warna. Akan tetapi, apabila dilihat dari ketahanan layar, maka kedua layar ini sama-sama memiliki ketahanan yang bagus.

Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh layar Super AMOLED dikenal sebagai layar yang memiliki ketahanan terhadap goresan sehingga tidak membutuhkan anti gores tambahan. Sementara itu, layar IPS LCD juga memiliki ketahanan yang cukup bagus karena merupakan pengembangan dari layar TFT.

5. Harga Layar

Untuk harga layar, layar Super AMOLED lebih mahal dibandingkan dengan layar IPS LCD. Hal tersebut dikarenakan Super AMOLED adalah teknologi paling modern yang dikembangkan oleh perusahaan besar Samsung. Layar Super AMOLED pada Samsung diketahui memakai anoda dan katoda sebagai resource utama dalam menghasilkan tampilan layar.

Makanya sebagian besar smartphone yang menggunakan layar Super AMOLED dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Meski begitu, layar IPS LCD juga tak kalah lantaran digunakan sebagai layar smartphone utama merek iPhone yang juga diketahui harga jual smartphone-nya cukup mahal.

Kesimpulan dari perbedaan layar IPS LCd dan layar Super AMOLED adalah tergantung dari aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya sehari-hari karena setiap layar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berdasarkan uraian di atas juga terlihat jelas bahwa layar IPS LCd merupakan layar kelas menengah ke bawah. Sedangkan layar Super AMOLED merupakan layar kelas high end.