Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form Gratis di Blogger

Matamu.Net - Blogger merupakan platform yang memberikan banyak pelayanan dan kemudahan untuk dienteraksikan dengan berbagai media yang mengizinkan penggunaan tag HTML <Iframe> di postbodynya.




Tag ini sangat berguna untuk memasukkan layanan yang belum dimiliki blogger namun ingin dimunculkan pada blog kita. Salah satunya seperti ujian online yang belum dimiliki oleh Blogger, pemiliki blogger hanya perlu membuat kuiz mereka di aplikisi dan website penyedia kuiz lalu memasukkan kolom tersebut di blog mereka menggunakan tag HTML <iframe> ... </iframe>

A. Membuat Kuiz di Blogger dengan menggunakan Google Formulir.

Sebagai contoh pengguaan tag Iframe dalam pembuatan kuiz kita manfaatkan layanan dari Googel Form untuk quiz karena lebih ringan, cepat dan satu perusahaan dengan blogger, namun jika ada yang ingin membuat melalui aplikasi lain juga boleh selama situs tersebut mengizinkan layanan mereka di pop up oleh user.

Adapun langkah-langkhany sebagai berikut :

1. Membuat kuis baru atau mengubah formulir menjadi kuis

Silahkan logging ke akun Gmail lalu masuk laman form.google.com, sampai muncul formulir kuis seperti berikut ini :

Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form mudah halan awal

Pilih menu membuat kuiz baru tanpa tempele atau templete kosong sehingga anda bebas memodifikasi bentuk dari quiz yang ingin dibuat.

Setelah dipilih akan muncul menu seperti diatas, menu diatas adalah formulis soal yang akan dibuat, adapun rincian dari kolom kolok diatas sebagai berikut '

  1. Judul Formulir atau judul Soal
  2. Badan soal atau pertanyaan
  3. Jenis soal yang akan dibuat
  4. Menu menambah distraktor atau pengecoh soal
  5. Menu wajib di isi sebelum dikirim
  6. Menu untuk menambah soal
Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form pilihan menu

Fasilitas dan layanan jenis formulis isian yang diberikan google ada berbagai macam, adapaun layan tersebut sebagai berikut :
  1. Jawaban Singkat : Digunakan untuk pertanyaan dengan jawaban pendek milsanya identitas, nama, nim, kelas dan sejenisnya
  2. Paragraf : digunakan untuk pernyataan dengan jawaban panjang
  3. Pilihan ganda : digunakan untuk pernyataan yang memiliki pilihan jawabm jika dibuat kunci jawaban maka pilihan yang boleh dipilih hanya satu, jika tidak maka bisa digunakan untuk memberikan jawawab berkelompok, misalnya jenis buah-buahan apa yang anda suka, apel, mangga, pisang, jambu, dst, jadi jawabn responden bisa lebih dari satu
  4. Kotak centak, menyatakan kesedian untuk memilih satu jawaban saja, misalnya jenis kelamin 
  5. Drop Down, memberikan jawaban dengan pola menu drop down
  6. Upload file : menyediakan kolom untuk memberikan file seperti foto atau dokumen
  7. Skala Linier : Menyediakan pilihan pernyataan sikap seseorang dengan skala-skala pengukuran linier seperti liker, semantik diferensial dan sejenisnya

Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form bentuk bentuk soal

Kemudian pilih simbol di titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan bawah menu, lalau centak acak urutan jawaban. Hal ini bertujuan agar pilihan jawaban teracak untuk device yang berbeda sehingga mengurangi kemungkinan untuk kerja sama saat mengerjakan soal.

Setelah itu tambahkan soal baru sesuai dengan kebutuhan pengukuran kompetensi yang anda ingin lakukan.

Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form membuat Distraktor

Langkah selanjutnya adalah memberikan pilihan jawab yang benar pada menu Pilihan Jawaban yang ada pada pojok kiri bawah di setiap butir soal. Setelah di klik akan muncul menu seperti di atas, kemudian pilih jawaban yang menjadi kunci jawaban seperti yang dintunjukkan nomor satu gambar diatas.

Google memberikan kemungkinan pilihan jawaban lebih dari satu, misalnya anda mencentang dua jawaba maka akan ada du ajawaban yang dipilih salah satunya saja akan mendapatkan skor maksimun untuk soal tersebut, jadi perhatikan dengan seksama saat membuat kunci jawabn

Selanjutnya google memberikan menu pembobotan untuk soal, setiap soal secara default diberi bobot nol oleh google. Lihat nomor no 2 pada gambar diatas, lalu setelah itu pilihlah bobot soal yang anda buat, setelah itu centang selesai.

Setelah membuat kunci jawaban pilih menu roda gigi yang ada di pojok kanan atas menu utama ada. Roda gigi ini berisi perintah untuk menentukan mekanisme pengerjaan formulir atau soal yang anda buat.

Ada tiga menu utama disana dan dua menu tersebut sangat esensi dalam pembuatan soal online berbasis google Form.

Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form pembuatan kuis online

Setelah memilih roda gigi akan muncul kotak dialog seperti diatas, silahkan centang untuk kumpulkan email respon agar feedback dari jawaban yang mereka kumpulkan dapat dibalas dengan mudah.

Centang juga bagian Batasi satu tanggapan agar setiap peserta hanya mampu mengirim satu jawaban. Jika tidak maka responden bisa menjawab berkali-kali tanpa batasan, setelah selesai dengan menu umum silahkan menuju menu kuis

Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form membatasi julah file dan jawaban yang dikirm responden

Menu kuis ini akan memberikan perintah bahwa formulir berisfat sebagai kuis, lalu centang rilis setiap nilai setelah pengiriman, ini berlaku untuk pilihan ganda karena google dapat menghitungnya secara ototmatis, namun untuk jenis formulir seperti deskripsi dan sejenisnya masih butuh pemeriksaan manual.

2. Menyiapkan Iframe

Setelah soal selesai dibuat saatnya menyiakan script Iframe yang bakalan di generate otomatis oleh Google melalui menu Kirim yang letaknya ada di pojok kanan atas menu utama.

Membuat Quiz dengan Formulir online google  cara membuat Iframe

Setelah mengklik menu kirim akan ada tiga pilihan metode pengerimamn, yakni melalui email dengan logo surat, lalu melalui share link yakni mencopi linknya dan menaruh di berbagai media seperti WA, Facebook dan sejenisnya, lalu melalui tag Iframe.

Tag Ifrema diberi simbol < > ini secera otomatis di generasi oleh google tujuannya agar soal bisa langsung muncul dilaman sebuah situs tanpa perlu keluar dari laman situs tersebut.

Pada bagian pojok bawan ada menu untuk menaruh dimensi kotak, biarkan saja sesauid engan angka yang diberikan google, karena formulir ini akan tampil responsice secara otomatis menyesuikan dengan model device usernya.

Simpan atau copy code tersebut lalu letakkan di laman situs yang anda ingin simpan di tempat yang anda ingin simpan.

Contoh script yang diberikan goolge :
<iframe src="https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeSRk-RxrLudku7yBNCox2BuYyNdu8bVDpYu2_o3q-1saXhxg/viewform?embedded=true" width="640" height="2001" frameborder="0" marginheight="0" marginwidth="0">Memuat…</iframe>

2. Meletakkan Kuiz pada Postingan Blog

Adapun langkah-langkah untuk memasukkan formulir tadi di Blog anda sebagai berikut :

  1. Masukkan ke akun blog anda lalu buatlah postingan seperti biasa di menu entri baru blogger anda.
  2. Secara deafult anda akan mengetik di menu compose yang lebih ramah mata, namun script ini tidak akan jalan jika dipaste disini, maka masuk menu Editor HTML yang ada di samping Compose di pojok kiri atas.
  3. Pastekan code yang ada dapat di tempat yang anda inginkan, lalu kembali ke menu compose dan lihat perubahan yang terjadi dengan blog anda.

Membuat Quiz dengan Formulir online google dengan code Iframe

B. Contoh Formulir yang menggunakan Iframe di Blog



Akhir Kata
Nah itu dia panduan singkat membuat soal dan quiz di blog menggunakan fasilitas Google Form, selamat mencoba dan jangan sungkan untuk bertanya.

71 komentar untuk "Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form Gratis di Blogger"

  1. Terima kasih atas tutorialnya pak, artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, apakah bisa menggunakan google form untuk menjawab pertanyaan essai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google form bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan essai karena dalam soal pada Goggle form memiliki pilihan jawaban yang dapat kita pillih seperti Paragraf. Pilihan jawaban Paragraf digunakan untuk pernyataan yang memiliki jawaban panjang, seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Jadi, dengan pilihan jawaban Paragraf, kita dapa menjawab soal esai. Terima kasih:)

      Hapus
  3. Assalamualaikum pak, jadi saya mau bertanya, apakah ada aturan-aturan khusus dalam penyusunan kuis?

    BalasHapus
  4. Bismillah Perkenalkan Saya Hariyanti Dri Kelas Reguler B Ingin Bertanya Pertanyaan saya yaitu Apabila Ada Pertanyaan dibuat Dan Jawaban yang didapat atau penjelasanya sangat panjang apakah Itu Bisa Disingkat Atau Bagaimna?

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak, bagaimana cara membuat format menu wajib isi berupa data diri yang isi sebelum mengerjakan kuis?

    BalasHapus
  6. Bismillah , saya masih kurang mengerti dengan menyiapkan iframe, apa fungsi dari inframe tersebut dan bagaimana cara menggunakan kode script yang di berikan oleh google ?

    BalasHapus
  7. Bismillah. Perkenalkan saya Hariyanti Kelas Ipa Reguler B mau bertanya yaitu pada saat kita membuat soal dan salah satu dari soal tersebut memiliki jawaban atau penjelasan yang panjang apakah jawaban tersebut bisa di singkat atau ada cara lain supaya bisa memuat jawaban panjang tersebut?
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Trima kasih atas infonya pak

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum maaf pak untuk penilaian bagi siswa yang sudah mengerjakan apa otomatis ada laporan nilai tersendiri..?

    BalasHapus
  10. Bismillah, apakah membuat kuis berbasis online menggunakan iframe dan google from itu efektif ?

    BalasHapus
  11. Bagaimana jika google form tidak dapat diakses?

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum maaf pak untuk penilaian bagi siswa yang sudah mengerjakan apa otomatis ada laporan tersendiri..?

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum pak
    Apakah pada kuis ini kita bisa memberi batasan waktu pengerjaan dengan menampilkan waktu berjalan mundur seperti pada soal online ??
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Bagaimana jika google form tidak dapat diakses?

    BalasHapus
  15. Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh, nama saya Muhammad Lutfi Tri Laksono dari kelas Reguler A. SAya ingin bertanya tentang tugas materi ini pak. apakah kami bikin blog dulu baru kerja tugas yang ini pak? kemudian bagaimana caranya kerja tugas yang lalu pak, terresetki di mipa learn pak. kemudian yang dikirim di mipa learn itu link blog yang dibuat pak? apakah ada kriteria blog yang harus dibuat pak? terima kasih sebelumnya dan mohon maaf karena banyak bertanya pak.

    BalasHapus
  16. Apakah kuis ini juga dapat disertakan dengan gambar?

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum, apakah dalam membuat kuis pada blog, memiliki batas maksimum jumlah soal?

    BalasHapus
  18. Sya Mutiara Zahirah dari Pendidikan ipa b 2019 pak. Apakah harus menggunakan google form? Bagaimna jika google form tdk dapat diakses?

    BalasHapus
  19. Saya Mutmainnah dari Kelas Reguler A ingin bertanya mengenai cara masuk di form.google.com krna sudah saya coba pak dan tidak tampil seperti contoh di atas. Terima kasih.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum pak, saya Mutia Ulfa NIM:1916041025 dan saya sudah membaca artikel nya pak🙏

    BalasHapus
  21. assalamualaikum wr.wb, mau bertanya apakah kita bisa kembali memulai /mengulang kuis tetapi akun yang terdaftar tersebut keluar dari halaman web tersebut?

    BalasHapus
  22. Makasih infonya pak, bermanfaat banget buat newbie seperti saya.

    BalasHapus
  23. Apakah ada cara lain untuk membuat kuis online selain menggunakan iframe dan google form di blogger?

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum wr.wb. Saya Yunika Rifki Apriliani dari Pendidikan IPA Reguler A 2019. Artikel yg bapak buat ini sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa. Terima kasih banyak atas artikelnya pak, banyak ilmu yg saya dapatkan dari artikel ini dan sangat membantu untuk kedepannya. Last but not least saya ucapkan sehat selalu pak, jaga kebersihannya dan #DirumahAja

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum saya Dyah Sekar Pratiwi dari kelas Reguler A. Makasih infonya pak, ini sangatt bermanfaat banget buat newbie seperti saya pak.

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, izin bertanya pak, disamping kita bisa membatasi pengiriman jawaban, bisakah kita juga membatasi waktu pengerjaan?

    BalasHapus
  27. Assalamulaikum, saya Nuraina Misbawati. Terima kasih banyak pak atas informasinya. Artikel bapak sangat bermanfaat untuk kami yang baru belajar. Sukses terus pak and stay healthy😇

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak. Saya Nur Afifah Abduh, Nim 1916041005, kelas reguler A. Terimakasih atas artikelnya pak sangat bermanfaat untuk kami

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum, saya ingin bertanya mengenai kuis seperti apa yg akan dibuat pada google form.. apakah tentang mata kuliah tik atau terserah saja? trimakasih

    BalasHapus
  30. Assalamualaiku pak saya muhammad akbar dari reguler A

    BalasHapus
  31. Assalamu Alaikum wr.wb. Saya atas nama St. Asriani _19106041023, kelas Pendidikan IPA Rekuler A pak.

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum saya Nur Amalia Rezkyani dari kelas pendidikan reguler A. Artikel bapak sangat bermanfaat bagi saya dan mungkin orang diluar sana yg ingin membuat kuis online, semoga saya bisa mengikuti Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form Gratis di Blogger yang telah bapak tulis diatas. Saya ucapkan terimakasih, semoga kita semua dijauhkan dari virus berbahaya, stay safe, dan tetap #Dirumahaja

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum, perkenalkan saya Tazkiya Salsabila (1916040003). Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, Pak.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum wr wb, saya Huznul Amalia. S, berterimah kasih atas artikel yang dipaparkan oleh bapak karena dengan ini bisa membimbing sya membuat quiz menggunakan aplikasi google form.

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum saya Nur Amalia Rezkyani dari kelas pendidikan reguler A. Artikel bapak sangat bermanfaat bagi saya dan mungkin orang diluar sana yg ingin membuat kuis online, semoga saya bisa mengikuti Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form Gratis di Blogger yang telah bapak tulis diatas. Saya ucapkan terimakasih, semoga kita semua dijauhkan dari virus berbahaya, stay safe, dan tetap #Dirumahaja

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum pak, perkenalkan nama saya Rifky M Fahrezy S dari kelas IPA Reguler A. jadi menurut saya tentang artikel ini yaitu membuat kuis online merupakan hal yang sangat praktis dimana tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuat kuis jika kita menguasai tata cara dan materinya serta dapat dilakukan dengan menyeluruh disamping jika melakukan kuis yang hanya menggunakan kertas kita perlu memeriksanya satu per satu beda dengan online yang dipindai langsung oleh sistem yang kita buat.

    Sekian. terima kasi wassalamualaikum

    BalasHapus
  37. Selamat sore pak, saya yusmi indriani bisa nim 1916042001. Terimakasih atas artikel yang telah dipaparkan, artikel tersebut sangat bermanfaat bagi sya.

    BalasHapus
  38. Bismillah, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Nurul Harisyah Hatta dari Reguler A. Artikel yang bapak buat sangat bermanfaat dan membantu dalam pembuatan kuis online dengan menggunakan tag Iframe. Di mana sangat dibutuhkan dalam situasi seperti sekarang (kuliah online). Tapi saya ingin bertanya, apakah ada dampak yang ditimbulkan dari penggunaan tag Iframe ini bagi blogger? Sekian dan Terima kasih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan stay at home as much as you can. Semoga situasi sekarang dapat segera membaik :)

    Wassalam.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak. Saya Nur Aulia Fadhillah dari Pendidikan Ipa Reguler A. Saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada bapak karena telah mengajarkan saya cara membuat artikel yang bermanfaat kedepannya yang dimana suatu saat saya akan menggunakan cara ini. Terimah kasih pak, sehat selalu

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak. Saya Deviani L 1916042023 dari kelas pendidikan IPA Reguler A, terima kasih atas artikelnya pak saya sudah membacanya dan ini sangat berguna dan membantu saya dalam mengerjakan tugas pak.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum saya Rahmah Djabal Arfah dari pendidikan ipa reguler A. Terimah kasih banyak pak artikel bapak sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  42. assalamualaikum wr.wb. saya anisya rahmaniah nasra dari kelas 2019 pendidikan ipa reguler A. terimakasih pak atas informasi yang telah bapak berikan tentang cara membat kuis online menggunakan .html. semoga kita semua dijauhkan dri segala macam virus/penyakit. stay safe dan tetap #DIRUMAHAJA

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum saya Aswir dari pendidikan ipa reguler A. Terimah kasih banyak pak artikel bapak sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  44. Terimakasih atas informasinya, semoga di blog baru yang saya buat, bisa menciptakan quiz" yang bermanfaat dan menambah wawasan🙏🙏🙏

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr.wb pak saya atas nama Hasmi dengan NIM 1916040015.Terimakasih pak atas artikel yang telah dipaparkan artikel tersebut sangat bermanfaat bagi saya dalam membantu mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum..saya Riska Amriani ingin bertanya bagaimana cara memberikan pilihan jawab yang benar pada menu Pilihan Jawaban yang ada pada pojok kiri bawah di setiap butir soal? menu pilihan jawaban pada pojok kiri bawah yang dimaksud itu yang mana?

    BalasHapus
  47. Terima kasih banyak pak atas ilmunya

    BalasHapus
  48. Apakah pada google form dapat diberikan batasan waktu dalam mengerjakan soal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini belum bisa, Ibu Mutaminnah karena googel namun jika dipaudkan dengan Google Classroom maka masalah waktu bisa teratasi

      Hapus
  49. Assalamualaikum... Saya Wulandari dari Pendidikan IPA ICP. Terima kasih atas informasi yang bapak berikan terkait membuat quiz untuk blog. Untuk memasukkan google form yang kita buat ke blog maka ada dua cara yaitu compose dan html, disini saya menggunakan metode compose karenabelum terlalu paham dengan html. Saya juga sudah mencoba beberapa tutorial di internet namun tidak berhasil. Apakah ada solusi untuk ini pak?��

    BalasHapus
  50. Terimakasih atas penjelasannya pak. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  51. terimakasih atas informasinya. blog ini sangat membantu.

    BalasHapus
  52. apakah dari tahun ke tahun google form mengalami peningkatan kualitas?

    BalasHapus
  53. Terimakasih pak atas informasinya.

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum pak. Saya Indah B. T. M. Saya ingin bertanya tentang waktu untuk mengerjakannya pak, apakah pengerjaan soalnya bisa diberikan batasan waktu?

    BalasHapus
  55. Terima kasih pak, artikelnya sangat bermamfaat.

    BalasHapus
  56. iframe diganti menjadi object biar valid html5 pak. :)

    BalasHapus
  57. terima kasih atas penjelsannya pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum pak saya Nabilah Qatrunada. Terima kasih pak atas artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
  59. Terima kasih pak, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya pemula dalam hal ini

    BalasHapus
  60. Terima kasih atas artikel ini Pak, ini membantu saya dalam membuat ujian online dan menempatkannya di blog dengan Iframe

    BalasHapus
  61. Terima kasih pak.. Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  62. Artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  63. Terimakasih atas penjelasannya , sangat bermanfaat bagi kami yang baru belajar untuk membuat blog:)

    BalasHapus
  64. Terima kasih atas penjelasannya pak.

    BalasHapus
  65. St Putri Khofifah5 April 2020 00.04

    Terima kasih atas penjelasannya, blog ini sangat bermanfaat bagi kmi yang masih awam perihal blog

    BalasHapus
  66. Terima kasih pak artikelnya sangat membantu untuk belajar membuat blog

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum pak, saya ingin bertanya jika saya ingin membuat soal matematika menggunakan google form,bagaimana cara menulis rumus/simbol matematika tersebut?

    BalasHapus

Posting Komentar