Cara Mudah Menghasilkan Jutaan Rupiah melalui Program Google Adsense dan Blogger

Matamu.Net - Blogger merupakan salah satu platform yang menyediakan jasa penerbitan artikel berbasis web 2.0 yang dikembangkan oleh Pyra Leb. Setelah dibeli oleh Google pada tahun 2003, Blogger mengalami banyak peningkatan layanan, termasuk hosting dengan kapasitas dan bandwich unlimited.




Layanan tersebut diberikan google secara gratis bagi mereka yang mengeloal blog tanpa melanggar TOS yang sudah ditentukan oleh google terlebih dahulu seperti memuat konten pornografi eksplisit, perjudian dan situs mallware, padahal jika jasa tersebut disewakan pada pihak Hosting kemungkinan biaya yang paling kecil yang haru sdikeluarkan oleh pemilik situs adalah 10 $ - 15 $ perbulan.

Namun bukan hal tersebut yang membuat Blogger terlihat spesial, melainkan kemudahan-nya untuk dihubungkan dengan program afiliasi pengiklanan milik google yakni Google Adsense. Hal ini membuat mereka yang memiliki blog bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang melalui program blogger dan google adsense.

cara menghasilkan rupiah melalui program Google adsense dan Blogger

Lantas bagaiamna caranya?

Berikut ini step by step cara menghasilkan uang melalui Program Google Adsense. Silahkan simak dengan seksama dan dilakukan langkah demo langkah.

A. Memiliki Blogger

1. Membuat Akun Google

Langkah pertama untuk mendapatkan uang melalui program blogger tentu saja dimulai dari akun Google. Akun Googel ini terbilang handal karena terintegrasi dengan banyak fasilitas dan layanan google lainnya seperti Email, Youtube, Adsense, Webmaster, Google Analitik, Google Form dan lain-lain.

Mendapatkan akun google sangatlah mudah, yakni dengan membuat akun Gmail saja. Jika kamu sudah membuat akun google atau sudah memilikinya, silahkan logging di browser yang kamu miliki, maka Browser akan mengidentifikasi kamu sudah logging.

2. Mendapatkan Akun Blog

Langkah berikutnya adalah membuat akun blogger. Cara mendapatkan akun blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Blogger.com dengan browser yang kamu koneksikan dengan akun gmail tadi.

Setelah masuk di Blogger.com, kamu akan mendapatkan kotak dialog yang memberikan instruksi untuk buat akun. Silahkan ikut langkah yang ada di dalam namun secara garis besar Blogger akan menanyakan nama blog anda seperti matamu misalnya, lalu blogger juga akan meminta URL parameter dari blog anda.

Blogger akan menyediakan URL parameter gratisan namun memiliki URL induk blog seperti matamu.blogspot.com, kamu bisa mengganti domain ini menggunakan kostum domain dari google menjadi matamu.net misalnya namun tentu saja costum domain ini berbayar.

Dalam persiapan monetize blog atau menghasilkan uang melalui blog, google tidak mempermasalahkan apakah blog kita masih menggunakan domain blogspot atau sudah TLD (Top Level Domain).

3. Publikasi Artikel

Setelah memiliki blog kamu akan diarahkan Blogger menuju Dashbord kamu, tempat dimana kamu akan mengelola blog kamu kedepannya. Ada banyak layanan yang disediakan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

Dashboard Blogger keren
Penampilan Dashboard Blogger

Layanan-layanan yang disediakan adalah postingan tempat dimana untuk membuat artikel baru dan menjadi tempat isi dari kontent kamu akan dirayapi oleh Search Enggine seperti google, yahoo, bing dan sejenisnya.

Setelah membuat blog silahkan coba untuk membuat artikel Dummy. Ada beberapa menu disana sialhkan dicoba dengan bebas karena jika salah kamu bisa menghapus artikel tersebut lalu mengulangi lagi dari awal, atau kamu mengedit saja artikel yang sudah kamu terbitkan.

Jika sudah lihatlah tampilan blog kamu dan bacalah artikel yang yang sudah kamu publish/terbitkan di blog kamu. Laman dari artikel ini bisa kamu share melalui banyak platform agar kamu mendapatkan pembaca untuk awal-awal blog kamu.

Jika blog kamu sudha memiliki reputasi di search enggine maka pengunjung kamu bakalan lebih banyak datang search enggine. Pengunjung ini namanya Natural Traffic jenis trafik yang paling dicintai oleh pengiklan termasuk google, sedangkan pengunjung yang datang dari link yang kamu bagikan namanya Directed Traffic.

Semakin banyak dan semakin bagus artikel yang kamu publish maka semakin besar peluang situs kamu muncul di laman search enggine ketika seseorang mencari sesuatu melalui Google, Bing, Duckduckgo dan sejenisnya.

Artikel yang bakalan muncul di halaman pertama search enggine harus memiliki kualitas yang bagus diantara artikel yang ada, atau dikenal dengan artikel SEO (Search Enggine Optimasi). Bagi kamu yang tidak mengerti SEO, jangan khawatir, googel lebih menyukai blog yang natural yang kerjanya hanya berusaha menghasilkan artikel yang baik.

Semakin banyak pengunjung di situs / blog kamu maka potensi penghasilan kamu melalui blog akan semakin besar.

B. Memilih Niche Situs

Niche secara harfiah diartikan sebagai ceruk pasar, namun sederhananya Niche adalam blogger merujuk pada tema besar yang bahas oleh situs kamu. Misalnya tema seitu Matamu.Net ini membahas tentang Internet, Fintech, Youtuber atau secara garis besar dinamakan Niche Teknologi.

Niche ada banyak tergantung dari hal yang kamu ingin sampaikan ke orang lain melalui blog. Adapun Niche-niche blog yang umum seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, asuransi, wisata. kuliner, resep, home desain dan lain-lain.

Jika kamu memiliki banyak Niche dalam situs maka situs kamu masuk dalam kategori Niche gado-gado atau niche campuran.

1. Niche dengan CPC tertinggi

Google memiliki algoritma canggih dalam penampilkan iklan, kelak jika situs kamu lolos review Goggle adsense. Algoritma google adsense akan memunculkan iklan bukan sesuai situs kamu melainkan sesuai dengan kebiasaan user.

Ada kemungkinan situs kamu memiliki artikel tentang kesehata tapi justru iklan yang muncul tentang baju, hal in itergantung dari cookies dan cache file dari use, namun kemungkin besar user akan emnemukan situs yang se niche dengan apa yang mereka cari sangat besar.

Hal ini membuat pemilihan niche dalam google sangat berpengaruh terhadap pendapat seorang bloger. Jika kamu memiliki Niche dengan nilai CPC tinggi misalnya 500 rupiah tentu saja akan memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan situs dengan niche 100 rupiah perhari.

Ologika 10 klik dari CPC 500 rupiah adalah 5000 ribu sedangkan untuk CPC 100 rupiah hanya menghasilkan 100 rupiah. Sebagai bahan pertimbangan yang bersumber dari pengalaman pribadi dan forum, berikut ini deretan Niche bercpc tinggi :

  1. Teknologi
  2. Wisata
  3. Fashion
  4. Asuransi
  5. Financial Teknologi
  6. Home Desain
  7. Otomotif
Untuk Niche kelas menengah 
  1. Pendidikan
  2. Fotografi
  3. Semi Wallpaper
  4. Wallpaper
  5. Artis
  6. Hiburan
  7. Kesehatan
  8. Tanaman
  9. Hewan
  10. Tutorial
Untuk Niche kelas rendah 
  1. Gado-gado
  2. Misteri
  3. Budaya
  4. Daerah
  5. Portal berita
  6. Politik
Nilai CPC sendiri selalu berubah tergantung dari minat pemasang iklan namun pada umumnya deretan angka diatas stagnan, kecuali kesehatan dan pendidikan yang pernah memiliki nilai CPC tinggi yang kini semakin berkurang.

Nilai CPC google adsense yang berebda dengan bergantung Niche

Meskipun CPC kamu rendah bisa jadi penghasilan kamu lebih banyak jika Niche yang kamu pilih memiliki Volume pencarian yang besar, milsanya saja Portal berita, memang memiliki CPC kecil namun peminat nya jauh lebih besar dari Niche sehingga penghasilan blog poertal berita cenderung besar.


2. Niche Terlarang Google Adsense

Google memiliki aturan yang ketat dan berbeda-beda setiap negara. Googel menyukai manusia sehingga aturan-aturan yag dibuat google selalu ada aspek sosial dan sisi kemanusiannya. Sebut saja dari penetuan Niche, ada beberapa jenis artikel yang tidak akan mungkin memunculkan iklan atau bahakn cenderung kena Pinalty sampai Banned dari Googel.

Adapun list derean Niche-Niche terlarang dari google sebagai berikut :

  1. Kekerasan Eksplisit
  2. Seksualitas Eksplisit
  3. Kehamilan 
  4. Perjudian
  5. Jual beli barang terlarang
  6. Minumam Beralkohol
  7. Rokok
Meskipun Niche dari situs kamu bukanlah salah satu dari diatas namun jika situs kamu memuat artikel yang membahas masalah diatas maka besar kemungkinan Iklan tidak akan tayang pada laman tersebut dan kamu akan mendapatkan teguran dari Google Adsense.

Bentuk pelanggarna peringat konten di Google adsense
Bentuk Peringatan Pelanggarna Konten


C. Menyiapkan Situs untuk Program Adsense

Google memiliki aturan yang ketat untuk situs-situs yang mereka loloskan bergabung dengan program google Adsense. Tujuan dari aturan ini dibuat adalah agar supaya tercipta lingkungan sehat antara Google, Pengiklan dan Publisher.

Aturan-aturan tersebut ditulis secara lengkap di help center google untuk program adsense, namun berdasarkan pengalaman mendaftar goole adsense berikut ini ringkasan :

  1. Menggunakan Templete Ramah HTML 5 - Pengalaman Templete milik sugeng selalu lolos verifikasi dalam kasus ini.
  2. Memiliki identitas situs lengkap bisa dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris - About Us, Disclaimer, Privacy Polish dan Contct Us
  3. Semua identitas situs dibuat di laman, bukan di postingan
  4. Terhubungan dengan Googel Webmaster (wajib) dan Google Analitik (Optional)
  5. Tidak memiliki Link mati di seluruh halaman, hal ini bergantung tempelet, sebaiknya gunakan templete sugeng.
  6. Memiliki minimal 7 artikel yang lebih panjang dari 500 kata.
  7. Tidak melanggar aturna googel tentang penggunaan boot, copy paste artikel orang lain, dan memilh Niche terlarang.
Selain dari hal tersebut banyak mitos yang beredar di internet mengenai tata cara daftar google adsense, seperti : 
  1. Harus TLD 
  2. Blog berusia minimal 6 bulan
  3. Memiliki banyak pembaca
  4. Jumlah artikel minimal 30 buah panjang 1000 kata
  5. Memiliki Site Link 
Paling tidak pengalaman penulis sudha pernah mendapatakan akun beberapa kali dengan jumlah artikel pada sata daftar sebanayak 7 buah, jumlah kata lebih dari 500 kata, usia blog kurang dari 3 hari, belum memiliki pengunjung dan belum memiliki Site link. 

Blog tersebut adalah Matamu.Net yang dibuat pada tanggal 1 Januari 2020 dan didaftarkan pad aprogram Adsense pada tanggal 3 Januari 2010. Pengumuman lulus dan iklan tayang tanggal 6 Januari. 

Tips : Selama proses Review sebaiknya Ditambahkan artikel bebas copy paste minimal satu dalam sehari.


D. Mendaftar Program Goole Adsense

Setelah melengkapi syarat-syarat yang ada pada bagian C, maka saatnya untuk mendaftarkan Blog pada Program Google adsense. Cara daftar google adsense bisa dilakukan dua cara yakni melalui Dashboard Blogger yakni menu Penghasilan.

Silahkan klik menu tersebut lalu Google adsense akan mengarahkan untuk mendaftar. Langkahny abisa dilakukan dengan mudah karena instruksi yang diberikan google sangat jelas. Tugas anda hanya memastikan code dari Googel adsense terpasang agar memberikan sinyal kepada google tentang situs yang anda ingin hubungkan dengan google adsense.

Code yang diberikan oleh google bisa dipasang dimana saja, namun sebaiknya pasang melalui menu HTML Editor lalu letakkan tepat dibawah tag <head> lalu simpan perubahan, jika tidak bisa tersimpan, maka code google adsense butuh di Parse. Jasa ini banyak disediakan di Internet gartsi dan cepat dengan mengetik kata kunci Parse Code di Google.

Menu mendaftarkan Googel adsense

Bagi anda yang tidak memiliki logo penghasilan maka silahkan rubah setting bahasa penggunaan Blog anda dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, Setelah proses daftar dan anda dinyatakan lulus, settingan bisa dikembalikan kembali ke bahasa Indonesia.

Pada kondisi khusus dimana simbol tetap juga tidak bisa menunjukkan menu penghasilan, maka lakukan daftar manual melalui program google adsense pada laman https://www.google.com/adsense/start/

Metode pendaftaran tidak jauh berbeda dengan mendaftar melalui Blog kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah yang di instruksikan pada laman tersebut.

Setelah mendaftaran silahkan menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan oleh google. Akan ada dua verifikasi, namun sebagai penanda paling sederhana jika situs kamu diterima maka iklan akan tayang pada situs kamu, namun jika di tolak biasanya akan ada pemberitahuan dari google melalui email yang kamu gunakan.

Email tersebut isinya pemberitahuan tentang kekurangan yang harus kamu lengkapi dari situs kamu. Setelah kamu melengkapi dan atau memperbaiki kekurangan tersebut maka situs kamu sudah bisa diajukan kembali.

E. Meningkatkan Pengunjung Situs

Setelah situs kamu dinyatakan lulus dari program Google adsense, tidak serta merta uang akan datang ke kamu. Penghasilan teragtung dari kinerja situs dan banyaknya pengunjung kamu.

Jadi tugas kamu adalah mendatang pengunjung melalui konten-konten yang kamu terbitkan di artikel kamu. Semakin banyak pengunjungnya maka semakin besar pula penghasilan kamu.

Sebagai dasar perhitungan mengenai penghasilan kamu, Sebagai contoh kamu memiliki Artikel dengan kata kunci "Cara Menghilangkan Jerawat". Berdasarkan data dari Google Keyword Plannar, kata kunci ini memiliki jumlah pencarian sebanyak 500 ribu kali dalam sebulan dengan nilai cpc 1000 rupiah.

Jika artikel kamu berada di posisi paling pertama untuk kata kunci tersebut dan semua pengunjung memilih artikel di urutan pertama hasil Search Enggine. Sesuai CTR kebanyakan templete yang hanya mengkorversi 5 % dari pengunjung menjadi klik maka total penghasilan kamu dalam satu bulan adalah CPC x CTR x Volume Search

Taksiran penghasilan Rp. 1000 x 500.000 x 0.05 = 25.000.000 rupiah dalam sebulan untuk satu kata kunci saja, jika kamu memiliki banyak kata kunci yang menjadi juara di halaman Satu makan semakin besar pulan penghasilan.

Jadi tugas kamu selanjutnya berupaya agar pengunjung datang ke situs kamu dengan memahami SEO.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Menghasilkan Jutaan Rupiah melalui Program Google Adsense dan Blogger"