Cara Mudah dan Aman Meminjam Uang Online

Matamu.Net - Sekarang ini kita berada pada era digital yang dimana proses transaksi, pinjam meminjam, dan lain sebagainya kebanyakan dilakukan secara online. Kali ini, kita akan membahas terkait dengan cara mudah untuk meminjam uang secara online.




Walaupun pinjaman dilakukan secara online ataupun offline keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Hanya saja meminjam uang secara online prosesnya cukup praktis dan mudah terlebih setealh era Fintech berkembang dengan pesat.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari pinjaman yang dilakukan secara onlibe adalah lantaran proses pencairannya lebih cepat serta tidak perlu lagi ribet dating ke bank untuk pengurusan berkas dan lain-lain. Berikut adalah cara mudah yang dapat dilakukan untuk meminjam uang secara online.

Walaupun pinjaman dilakukan secara online ataupun offline keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Hanya saja meminjam uang secara online prosesnya cukup praktis dan mudah.

Bandingkan beberapa penyedia pinjaman

Hal yang pertama dilakukan adalah pastinya mengunjungi website pinjaman online dan memilih penyedia pinjaman online yang terpercaya dan aman. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online pada jasa penyedia teliti dengan baik ketentuan dan prosedur yang diberikan.

Mengapa harus dibandingkan? Karena tak jarang setiap penyedia jasa pinjaman online memberikan sistem yang berbeda-beda mulai dari limit sampai dengan bunga yang diberikan. Meski begitu selalu berpatokan pada ketetapan bunga yang dikeluarkan oleh OJK yaitu tidak lebih dari 1% per hari. Selain itu, pilihlah jasa pinjaman online yang diawasi oleh OJK.

Pilih dan ajukan pinjaman sesuai petunjuk

Selanjutnya apabila telah menetukan penyedia pinjaman online yang sesuai, maka langkah berikutnya adalah mengajukan pinjaman melalui website. Pada website ada beberapa kolom yang wajib diisi sesuai dengan petunjuk. Mulai dari nomor telepon serta alamat email sehingga petugas penyedia pinjaman online dapat dengan mudah menghubungi peminjam.

Pihak petugas akan menghubungi nasabah atau peminjam

Apabila telah selesai mengisi data maka selanjutnya sisa menunggu petugas menghubungi nasabah dengan tujuan memastikan serta mengkonfirmasi data-data seperti nomor KTP, pekerjaan, sampai dengan penghasilan.

Selanjutnya hasil tersebut akan dikirimkan kepada bank ataupun provider pinjaman online untuk dijadikan sebagai pertimbangan persetujuan. Disarankan nomor telepon selalu aktif pada saat jam kerja (jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore).

Pihak penyedia pinjaman akan mengirim SMS

Berikutnya apabila data yang sebelumnya telah dikirimkan kepada bank atau provider telah diterima maka secara langsung nasabah akan menerima SMS maupun e-mail. Pesan tersebut berupa notifikasi atau pemeberitahuan bahwa data kalian telah diterima.

Langkah berikutnya adalah tinggal menunggu persetujuan dari penyedia pinjaman online. Apabila provider menggunakan aplikasi maka tak jarang mereka akan mengirimkan link yang dapat diakses secara langsung untuk konfirmasi pinjaman.

Verifikasi Fisik

Meskipun prosedurnya dilakukan secara online, akan tetapi untuk urusan tanda tangan perjanjian maka petugas dari penyedia pinjaman online akan dating secara langsung menemui nasabah. Hal tersebut bertujuan agar kedua belah pihak yaitu penyedia jasa dan peminjam dapat mempunyai kekuatan hukum apabila sewaktu-waktu ada masalah.

Dana akan dicairkan

Apabila semua proses dan prosedur telah selesai maka tak perlu waktu lama dana atau pinjaman akan segera dicairkan. Selalu perhatian biaya-biaya administrasi yang perlu dibayar karena dana yang akan masuk ke rekening adalah jumlah pinjaman dikurangi dengan biaya administrasi lainnya.

Itulah cara mudah yang dapat dilakukan untuk meminjam uang secara online. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah dan Aman Meminjam Uang Online"