Fotografi Landscape - Pengertian dan Jenisnya

Matamu.Net - Fotografi landscape merupakan salah satu bagian dari pemandangan yang sudut pandangnya memiliki titik penglihatan tersendiri. Sementara itu, pemandangan adalah sebuah poin utama dari foto landscape.





Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar foto landscape adalah foto yang objek seperti manusia dan biantang tidak terlihat. Meski begitu, adapula pula foto landscape yang sekali-kali menampilkan gambar tersebut dengan tampilan yang skala ukurannya cukup kecil.

Sejumlah fotografer beranggapan bahwa laut, pantai, kota, dan beberapa bangunan yang dibuat oleh manusia sebenarnya tidak dikategorikan sebagai foto landscape. Malahan foto-foto tersebut hanya bisa dikategorikan sebagai hamparan laut maupun kota yang luas membentang.

Kendati demikian, berdasarkan anggapan dari sejumlah fotografer tersebut dan disesuaikan dengan pengertian dari fotogarfi landscape maka dapat disimpulkan bahwa foto landcape adalah sebuah gambar hamparan atau bentangan alam serta seluruh isinya yang alamiah.

Mungkin saja dalam foto landscape terdapat pemandangan seperti hiruk-pikuk perkotaan pada garis horizontal maupun terlihat dari kejauhan sebuah rumah petani pada hamparan sawah, dan lain sebagainya.

A. Tujuan Foto Landscape


Peran penting dari fotografi adalah memberikan informasi mengenai keindahan dari alam seperti megahnya suatu pegunungan, aliran sungai, sampai dengan matahari terbit semuanya dapat dinikmati melalui fotografi.

Oleh karena itu, fotografi landscape menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan sehingga dapat melihat indahnya seluruh isi dunia melalui seni hidup. Akan tetapi, untuk mendapatkan tampilan sempurna dari fotografi landscape maka cara yang dapat dilakukan sama sekali tidak terbatas alias bebas. Salah satunya adalah mengetahui teknik yang tepat serta peralatan yang tepat pula.

1. Menceritakan sebuah kisah

Dari sebuah foto landscape pasti terdapat makna yang ingin disampaikan oleh sang pemotret dan juga penyimak foto. Malahan apabila foto landscape tersebut memiliki makna yang mendalam maka secara tidak langsung menarik perhatian yang melihatnya serta mendapatkan suatu poin penting daro foto landscape.

Dengan demikian, menghasilkan dan mendapatkan foto landscape yang bagus maka bisa saja akan mengingatkan kalian pada tempat atau waktu tertentu yang sangat berkesan dari hidup kalian.

2. Berbagi perasaan dalam suatu kesempatan

Dengan adanya foto landscape, selain dapat menceritakan sebuah kisah juga dapat sebagai tempat berbagi perasaan yang muncul di waktu yang tepat. Momen yang kalian dapat saat mengambil foto landscape dapat dibagikan dan diperlihatkan kepada orang banyak sehingga momen berharga tersebut juga dapat dirasakan oleh orang lain.

Hal yang perlu diketahui dari fotografi landscape adalah fotografi landscape bukan termasuk ke dalam foto jurnalis yang semata-mata hanya untuk dokumentasi saja. Akan tetapi, fotografi landscape memiliki makna yang cukup mendalam sesuai dengan tujuan yang telah dipaparkan sebelumnya.

Dimana fotografi landscape tidak hanya mengambil gambar semata saja terus menganggapnya sebagai fotografi landscape. Namun, untuk mendapatkan foto yang bermakna maka harus menanti sebuah kondisi yang awalnya biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.

B. Tantangan dan Peralatan Fotografi Landscape

Fotografi landscape dapat diperoleh tiak dengan cara yang mudah. Akan tetapi, terdapat tantangan tersendiri lantaran harus memotret alam luar dan bebas.

Berbeda dengan memotret ketika di studio yang mendapatkan bantuan seperti suara maupun musik, memotret menggunakan fotografi landscape justru berbeda. Kalian diharapkan kreatif lantaran berada di dunia luar yang alami layaknya seorang pelukis yang mencari ide di alam terbuka.

Satu lagi tantangan dari fotografi landscape adalah minimnya pencahayaan yang biasanya di studi mendapatkan bantuan cahaya sehingga pada saat melakukan pemotretan detail terbaik didapat.

Dalam fotografi landscape yang tidak menggunakan pencahayaan tambahan. Dengan fotografi landscape seorang fotografer harus memotret serta menyusun gambar dalam sebuah tampilan yang dinamis sehingga menciptakan sebuah keserasian dalam dua dimensi.

C. Bentuk-Bentuk Fotografi Landscape

Fotografi Landscape merupakan salah satu cabang fotografi yang masih bersifat umum. Cabang ini masih bisa dibagi lagi ke dalam beberapa sub cabang seperti berikut ini

1. Fotografi landscape representasi

Fotografi representasi merupakan sebuah fotografi yang memiliki makna bahwa apa yang dilihat maka itu pula yang didapatkan. Untuk salah satu bentuk fotografi landscape yang satu ini diketahui fotografer sama sekali tidak melakukan apa-apa.

Hanya saja, sang fotografer memotret keindahan atau keaslian dari alam dan sekitarnya. Aspek terpenting yang harus diketahui untuk memakai teknik ini adalah cahaya, waktu yang tepat, maupun cuaca harus diperhatikan.

Bukan hanya itu saja, foto landscape juga dapat membangun sebuah teknik yang berkesan dengan menggunakan penyaring gambar yang lebih lembut sehingga gambar yang dihasilkan dapat menghasilkan efek ilusi yang menarik. Meski begitu, bisa saja gambar yang didapatkan sudah tidak setajam dan sejernih gambar aslinya.

fotografer memotret keindahan atau keaslian dari alam dan sekitarnya. Aspek terpenting yang harus diketahui untuk memakai teknik ini adalah cahaya, waktu yang tepat, maupun cuaca harus diperhatikan

2. Fotografi landscape impressi

Fotografi landscape impressi merupakan sebuah panorama seni yang ditampilkan pada sebuah foto. Untuk fotografi landscape impressi diketahui lebih subjektif sehingga setiap orang yang melihatnya merasakan sesuatu yang berbeda-beda terkait dengan gambar yang dilihat.

Berbeda dengan fotografi landscape representasi yang memperlihatkan keindahan alama, fotografi landscape inpressi justru memperlihatkan sesuatu yang tidak nyata dan lebih berilusi. Meski begitu, fotografi yang satu ini masih termasuk dalam fotografi landscape lantaran yang ditampilkan masih tetap berfokus pada keindahan alam namun dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

Terlebih untuk makna dari sebuah fotografi landscape sendiri adalah menciptakan sebuah gambar yang lebih bermakna, emosional, dan kreatif. Yang melihat fotografi landscape impressi diharapkan mendapatkan pesan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut.

Fotografi landscape impressi merupakan sebuah panorama seni yang ditampilkan pada sebuah foto

3. Fotografi landscape abstrak

Bentuk fotografi landscape abstrak didapatkan dengan menggunakan beberapa teknik variasi dalam memotret alam. Meski begitu, perlu diketahui bahwa fotografi landscape bukan hanya berfokus pada alam saja.

Akan tetapi, hal ini juga berkaitan dengan perkotaan yang berisi gedung-gedung pencakar langit. Fotografi landscape abstrak sendiri selalu berkaitan dengan yang namanya pola, bentuk, maupun pandangan menyeluruh yang dipotret secara dekat.

Beberapa hal yang dibutuhkan oleh seorang fotografer landscape adalah sebuah garis, sudut, bentuk, sampai dengan bangunan-bangunan tinggi agar karya yang dihasilkan lebih menarik selain keindahan alam sendiri.

Fotografi indah dan keren abstrack

4. Fotografi landscape pedesaan

Khusus untuk fotografi landscape pedesaan hasil atau gambar yang diperoleh adalah sebuah pemandangan yang murni alam alias sama sekali tidak ada manusia di dalamnya.

Namun, walaupun tidak ada objek manusia yang terlihat foto tersebut memiliki makna bahwa sebenarnya ada manusia yang tinggal di dalam foto tersebut. Sebagian besar gambar dari fotografi landscape pedesaan didapatkan di ladang maupun perkebunan yang jauh dari perkotaan.

jalan aspal keren dan manis indah keren rumput hijau

5. Fotografi Seascapes

Fotografi ini biasa disebut sebagai fotografi hamparan laut. Dimana dalam fotografi landscape yang ditampilkan adalah sebuah hamparan laut dan pantai yang luas membentang. Adapun fotografi seascapes yang paling memukau adalah ketika lautan dan daratan bertemu dalam satu foto.

Long expsoure fotografi keren dan manis

6. Fotografi landscape urban

Fotografi ini berfokus pada fotografi pemandangan yang ada di perkotaan. Mulai dari tampilan perkotaan terkait dengan hiruk-pikuk manusia yang ada di dalamnya sampai dengan pemandangan menarik lainnya yang ada di kota. Beberapa fotografi yang masuk ke dalam kategori fotografi landscape urban seperti:

  • Fotografi cityscape, berarti fotografi yang didapatkan melalui keramaian sebuah perkotaan.
  • Fotografi arsitektur, fotografi ini berfokus pada bangunan arsitektur dan juga semua aktifitas yang ada disekitarnya.
  • Fotografi candid street, fotografi ini memperlihatkan sebuah kegiatan manusia yang lebih mengarah kepada interaksinya dengan city landscape.
Fotografi Landscape City Scape Singapura


7. Fotografi landscape dokumentasi

Maksud dari fotografi landscape dokumentasi adalah lebih mengarah kepada lingkungan. Jenis fotografi ini termasuk ke dalam fotografi murni alias tidak ada impresi dari manusia di dalamnya. Fotografi yang satu ini lebih fokus memperlihatkan detail dari alam yang sesungguhnya yang ditampilkan secara landscape. Biasa juga disebut sebagai fotografi alam.

Akhir Kata
Nah itu dia sekelumit mengenai Fotografi Landscape dari beberapa pandangan yang diramu oleh tim Matamu.Net

Tidak ada komentar untuk "Fotografi Landscape - Pengertian dan Jenisnya"