Kelebihan Layar IPS pada Smartphone

Dzargon - Zaman sekarang sudah tidak asing lagi melihat orang-orang menggunakan smartphone dengan layar yang touch screen. Kendati demikian, istilah layar IPS mungkin sudah biasa didengar apalagi bagi pecinta teknologi khususnya pada smartphone.



Layar IPS bermula sejak tahun 1996 yang lalu, dimana pada saat itu perusahaan terkenal di Jepang yaitu Hitachi diketahui berusaha untuk memecahkan sebuah masalah terkait dengan TN-Matriks.

Oleh karena itu, sampai saat ini sudah sangat banyak teknologi IPS yang digunakan oleh para pembuat LCD. Mulai dari Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPS, sampai dengan Enchaced IPS tergantung para pembuatnya.

Menariknya lagi, zaman sekarang teknologi menggunakan layar IPS telah menjadi sebuah standar bagi semua smartphone khususnya layar sentuh mulai dari Samsung, Lenovo, iPhone, dan masih banyak lagi merek-merek smartphone lainnya.

Layar IPS diketahui merupakan pengembangan dari teknologi panel sebelumnya apalagi kalau bukan TFT atau Thin Film Transistor. Dengan munculnya IPS maka teknologi ini dianggap memiliki kualitas yang baik dari tingkat akurasi warna yang tinggi, kuliatas gambar, sampai dengan sudut pandang yang cukup lebar.

IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching atau sebuah teknologi layar untuk display Kristal cair atau LCD. Salah satu alasan dibuatnya teknologi IPS yaitu bertujuan untuk mengatasi keterbatasan utama khususnya pada sudut pandang serta reproduksi warna pada layar LCD agar lebih baik.

Kendati demikian, sampai saat ini layar IPS masih sangat popular penggunaannya. Beberapa produk smartphone diketahui masih menggunakan layar IPS dalam hal memanjakan mata para penggunanya. Salah satu adalah smartphone marek apple, beberapa IPhone masih menggunakan layar IPS termasuk IPhone 11.

Padahal sebagian besar smartphone android diketahui telah menggunakan layar AMOLED maupun OLED. Kira-kira apa alasan perusahaan besar seperti Apple masih menggunakan layar IPS pada produk smartphone mereka? Ternyata ini beberapa kelebihan dari layar IPS untuk smartphone.

Namun, sebelum membahas tentang kelebihan dari layar IPS terlebih dahulu dibahas tentang penjelasan terkait dengan jenis-jenis layar pada smartphone, khususnya perbedaan tentang layar IPS dan AMOLED. Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya sangat banyak jenis smartphone yang menggunakan yang namanya layar LCD atau layar yang terdiri atas beberapa lapisan kaca. Yang dimana pada layar LCD akan bekerja dengan cara menyaring cahaya yang sinkron dengan warna piksel yang ditampakkan.

Adapun ciri khusus dari layar LCD yaitu warna serta tone yang ditampilkan terlihat berbeda jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, tampilannya kurang baik jika dilhat. Dengan hadirnya layar IPS membuat kekurangan dari layar LCD dapat dihilangkan. Tak hanya itu, layar IPS juga sangat pas dipakai untuk perangkat berbasis touch screen.

IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching

Tak hanya menghilangkan kekurangan dari layar LCD, layar IPS juga berupaya untuk menghasilkan warna yang diketahui hasilnya sangat natural serta ketajaman gambarnya sudah tak diragukan lagi.

Sementara itu, ada pula jenis layar yang dikenal dengan nama AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar AMOLED sendiri berisi beberapa molekul organic yang mampu memperoleh cahaya apabila dialiri aliran listrik. Mengenai kelebihan dari layar AMOLED adalah memiliki rasio kontras yang sangat tinggi dan juga hemat daya sampai dengan sepuluh kali lipat dari layar lainnya.

Namun, dibalik kelebihan dari layar AMOLED yang mempunyai frame per second dan juga waktu respon yang cepat tenyata AMOLED memiliki kekuranga yaitu sangat berisiko untuk mengalami yang namanya screen burn-in.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa beberapa produk misalnya iPhone telah menggunakan layar AMOLED pada seri iPhone X, XS, XS Max, 11 Pro, dan juga 11 Pro Max. Akan tetapi, beberapa produk juga masih menggunakan layar IPS misalnya pada iPhone seri XR dan iPhone 11.

Mengapa masih ada saja smartphone yang masih menggunakan layar IPS padahal untuk zaman sekarang layar IPS sudah dianggap ketinggalan zaman lantaran sudah muncul layar-layar versi baru? Ternyata ini alasan mengapa masih ada smartphone yang menggunakan layar IPS. Berikut ulasannya yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Resolusi Lebih Tinggi

Alasan pertama mengapa beberapa smartphone masih menggunakan layar IPS yaitu lantaran resolusi yang ditampilkan lebih tinggi. Seperti yang diketahui bahwa resolusi yang dimiliki oleh layar IPS mencapai 320 ppi yang dimana kerapatan layar IPS dapat membuat mata dimanjakan lantaran sesuai dengan mata.

Perlu diketahui bahwa istilah ppi merupakan singkatan dari pixel per inch yang artinya sebuah satuan yang menyatakan sebuah resolusi pada layar. Semakin tinggi ppi dari sebuah layar maka semakin jernih pula tampilan yang ditampilkan pada layar. Ppi sendiri juga memengaruhi kualitas gambara atau video yang ditampilkan pada layar. Apalagi jika bermain dalam game HD maka tampilan grafis juga berpengaruh terhadap ppi layar smartphone.

Tak hanya itu, layar IPS juga mempunyai nilai kontras yang lebih dari pada panel TN, walaupun masih lebih rendah dari panel VA. Dengan kontras yang bagus maka pengalaman dalam melihat dan menggunakan smartphone semakin bagus pagi penggunanya.

Layar IPS memberikan tampilan gambar yang jelas serta waktu respon yang stabil. Layar IPS sangat cocok digunakan untuk fotografi, desain grafis, CAD atau CAM reknik, produksi film, sampai dengan aplikasi keamanan lainnya.

2. Tidak Burn-in

Pada smartphone yang menggunakan layar IPS diktahui bahwa tidak menyebabkan munculnya burn-in atau semacam bercak permanen yang ada pada layar. Dengan demikian, diprediksi bahwa penggunaan layar IPS pada smartphone dapat bertahan lama dan umurnya juga lebih panjang dan awet.

3. Biaya Produksi Lebih Murah

Biaya untuk memproduksi layar IPS lebih murah dibandingkan dengan memproduksi layar AMOLED. Diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi layar AMOLED sekitar $150. Sementara itu, biaya produksi layar IPS hanya sekitar $30-$50 saja.

Namun, meski smartphone menggunakan layar IPS khususnya pada pengguna iPhone maka kalian tak perlu khawatir karena Apple sendiri telah menggunakan yang namanya True Tone pada produknya sehingga akurasi warna yang dihasilkan tetap semakin tinggi dibandingkan dengan merek smartphone lainnya.

4. Menampilkan Warna Akurat

Tak hanya memiliki resolusi yang tinggi, layar IPS juga menyajikan tampilan warna yang cukup akurat sampai dengan sudut pandang yang mencapai 178 derajat. Layar IPS juga tidak menampilkan cahaya seperti ekor apabila layar disentuh. Perlu diketahui bahwa hal tersebut sangat penting untuk sebuah perangkat yang menggunakan touch screen.

5. Sinyal Kecepatan Tinggi

Layar IPS juga dikenal sebagai layar yang mampu memproses sinyal kecepatan tinggi dengan menggunakan kabel tembaga yang nilai resistensinya rendah tanpa harus kehilangan data. Di samping itu, layar IPS merupakan sebuah layar yang dikenal memiliki tekstru yang keras dan tahan dengan yang namanya benturan dalam ukuran tertentu.

Itulah beberapa kelebihan dari layar IPS khususnya pada smartphone, perlu diketahui juga bahwa layar IPS ataupun layar lainnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Semoga artikel di atas dapat membantu kalian dan memberikan manfaat.