Malware Virus Corona Beredar Tersebar dalam file Video dan Dokumen

 Virus tersebut merupakan tipe Mallware yang dimanfaatkan oleh pembuatnya untuk mencuri data-data penting yang tersimpan di dalam komputer.

Matamu.Net - Serangan Pandemic Corona Virus Disaster 2019 atau Covid-19 ternyata tidak hanya dalam bentuk biologis, namun sekelompok Hacker telah membuat Virus dengan nama yang sama.

Virus tersebut merupakan tipe Mallware yang dimanfaatkan oleh pembuatnya untuk mencuri data-data penting yang tersimpan di dalam komputer.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh Tim pengembang Anti Virus miliki Rusia, Kaspersky. Menurut Kaspersky, ada banyak document tentang virus corona yang tesebar di dunia maya yang disisipi malware berbahaya. Malware tersebut berbentu Trojan sampai Worm yang dikembas dalam bentuk file pdf, mp4, dan docx.

Pada umumnya dokumen tersebut berisi tentang petunjuk untuk melindungi diri dari ancamana corona, info seputar corona hingga prisedur deteksi dini terinfeksi Corona, padahal setelah dibuka Doumuen tersebut ternyata mengifeksi perangkat pengguannya dengan malware.

Menurut Kaspersky, Virus ini memiliki kemampuan untuk memblokir, memodifikasi dan menyalin data sampai menghancurkan file sehingga bisa mengganggu pengoprasian komputer dan jaringan komputer.

"Virus ini disebarkan ketika masyarakat meiliki kekhawatiran besar terdahap kesehatan mereka, jadi kemungkinan besar penyebaran dokumen dengan judul ini akan lebih cepat dilakukan oleh banyak irang sehingga menguntungkan pihak pembuatnya,: jelas analis Malware Ksapersky, Anton Ivanov, Senin (3/2/2020).

Dalam pernyataan yang diungkap disitus resmi Karpesky, jenis Virus yang terkair dengan file file bernama Corona Viruz yang berhasil dideteksi oleh Kaspersky adalah Worm VBS Dinihou r, Worm Python Agent.c, UDSemoticon-Big Grinangerous Object, Multi Generic, Trojan WinLNK Agent gg, Trojan WinLNK Agent ew, HEUR:Trojan. WinLNK Agent gen dan HEUR: Trojan PDF Badur b.

Ivanov berspekulasi jika file dan dokumen mengenai Virus Corona bisa saja bertambah banyak mengingat topik ini sedang menjad perhatian dunia sehingga pengiriman pesan saling mengingatkan bakalan dilakukan oleh orang-orang secara massive.

"Sejauh ini jami hanya melihat ada 10 File unik akan tetap kemungkinan besar bertamabh besar seiring populernya topik Corona di media," jelas Ivanov.

Sebagai langkah untuk menghindari terinspeksi Virus tersebut, Kaspersky memberikan rekomendasi untuk melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Selalu menghindari tautan atau lingk mencurigakan.
  2. Pastikan link yang disebarkan berasal dari link atau sistus resmi milik pemerintah atau badan yang dapat dipercaya.
  3. Perhatikan secara seksama file yang diunduh, jika file yang dibagikan dalam bentuk dokumen atau video, seharusnya file tersebut tidak memiliki format .exe dan .lnk.


Tidak ada komentar untuk "Malware Virus Corona Beredar Tersebar dalam file Video dan Dokumen"