Review Lenovo Legion Y545 - Body Gahar dengan Intel Generasi 9th

Matamu.Net - Bermain dengan game-game berat di piranti PC dengan spesifikasi gahar tentu saja sangat menyenangkan namun bagaimana jika kita ingin mencoba bermain game-game tersebut dengan Laptop dengan ukuran yang lebih kecil dari PC?

Saat ini, hal tersebut  tentu saja bukanlah masalah, mengingat saat ini semakin banyak produsen yang berupaya menciptakan Laptop dengan spesifikasi setingkat PC game atau bahkan lebih. Salah satunya adalah Lenovo Legion Y545.

Perusahaan asal Beijing-China, ini sepertinya tidak tanggung-tanggung dalam menyediakan perangkat gaming yang pirtable dan bisa-bisa dibawa kemana-mana, hal ini dapat dilihat dari Lenovo Legion Y545.

A. Body Lenovo Legion Y545

Lenovo Legion Y545 didesain khusus buat mereka yang suka dengan penampilan elegan. Body yang terbuat dari aloy dengan exhaust yang super besar di bagian belakang laptop, menegaskan jika performa dari Laptop ini sangatlah besar, sehingga membutuhkan sistem sirkulasi udara yang sangat besar.

Body Lenovo Y545 diberi warna hitam dengan texture kasar atau Doff teng tentu saja membuat kesan elegannya semakin kuat, terlebih jika melihat ukuran yang mencapai layar selebar 15,6 inci, membuat mata kamu bakalan manja dengan grafis-grafis yang disuguhkan dengan layar betipe IPS.

Laptop Lenovo Legiun Y545 hitam doff keren
Desain Hitam Doft dengan Logo Legion

Sesuai dengan perangkat yang dibenamkan, Lenovo Legion Y545 bakalan cukup berat buat ditenteng, pasalnya total beratnya mencapai 2,3 kg, namun hal ini masih dalam batas wajar mengingat berat tersebut digunakan untuk menopang layar berukuran 15,6 inci dan dimensi body yang 361.1 mm x 266.7 mm x 24.7-26.6 mm.

Seperti layaknya Laptop, Lenovo Legion Y545 juga dilengkapi dengan sebuah kamera. Namun letaknya malah berada di bagian bawan layar tepat diatas engsel Laptop. Hal ini terbilang baru dan berbeda dengan laptop pada umumnya yang meletakkan Kamera pada sisi atas tengah layar.

Sebagai penopang layar, Lenovo terlihat konsern mengembangkan sistem Engsel yang kokoh dna cukup tanggung untuk menopang layar berukuran 15,6 inci. Lenovo tentu saja tidak ingin costumer mereka kecewa dengan performa yang jelek dari sistem Flexibel Konvensional yang cepat rusak

Hal yang unik dan membuat Laptop ini terlihat berbeda dengan laptop lainnya adalah tombol poser yang didesain sangat menarik yakni berbentuk segitiga dan terletak di bagian tengah diantara keyborad dan layar.

Tombol Power keren Lenovo Legion Y545

Keyboard - Sayangnya dari sisi Keyboard, penampilan Lenovo Legion Y545 sepertinya tidak di desain seperti pada umumnya laptop Gaming. Tombol primer navigasi gaming W, A, S dan D tidak dirancang berbeda dengan tuts keyboard lainnya

Kendati demikian, dari segi fungsi, Keybord Laptop terbilang sangat responsive dan cepat. Praktis tidak ada jeda yang muncul yang antara waktu pengetikan dan respon yang ditunjukkan oleh piranti.

Sistem Plugging - Untuk sistem plugging Lenovo untuk baterai tentu saja hanya mengizinkan desain Charger yang sudah sesuai dengan standar Lenovo, namun untuk sistem plugin lainnya tetap didesain universal agar bisa memudahkan pertukaran file dan juag display.

Untuk seri USB, Lenovo Legiun Y545 dilengkapi dengan USB type C uni slot dan ditambah dengan USB 3 generasi 1 sebanyak tiga slot. Lalu colokan Headphan dan Mic Combo, dengan Mini Dysplayport™ 1.4, HDMI™ dengan colokan RJ45 buat yang ingin menjaga koneksi tetap stabil.

Laptop Gaming Lenovo Y545 Keboard
Penampakan Keyboard ari Lenovo Legion Y545

B. Central Prosecor Unit

Sebagaimana Laptop Gaming pada umumnya, kecepatan dan ukuran adalah segalanya, oleh karena itu Lenovo mempercayakan Intel® Core™ i7-9750HF generasi 9th sebagai otak dari Legion Y545. Prosesor ini cukup handal dengan kecepatan standar mencapai 2,60 GHz, lalu bisa diboosting sampai dengan 4,5 GHz, hampir dua kali kecepatan standarnya bukan?

Kecepatan pemoresan data dengan prosesor berinti 6 Core ini bakalan didukung dengan memory Cache sampai 12 MB, jadi buat kamu yang doyang bermain game berat seperti PUBG dan DoTA, sepertinya Laptop ini harus masuk dalam list Laptop yang bakalan kamu beli deh.

C. Graphic Processor Unit & Display

Sebagai tandem dari Intel® Core™ i7-9750HF generasi 9th yang digunakan, Lenovo mempercayakan GPU ditangan NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti. Meskipun GPU ini terbilang cukup murah untuk kelasnya, namun jangan salah, performa justru berbanding terbalik dengan harganya.

Dengan total memori VRAM mencapai 6GB, kami sangat yakin jika Lenovo Legion Y545 bakalan membuat kamu mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam dunia gaming, tapi mohon jangan pernah dibandingkan dengan produk NVidia RTX yang memang kelasnya masih sedikit lebih diatas dibandingkan dengan Turing atau Ti.

Kecepatan  NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti didapatkan dari kelihaian programer dari Tim NVidia Turing memaksimalkan Encoder GTX 1660 Ti sehingga bisa bekerja 15% lebih cepat dibandingkan dengan GPU dengan spesifikasi yang relatif sama.

Display - Untuk segi Displai, Lenovo menggunakan Layar IPS berukuran 15,6 inci. Ukuran yang sudah sesuai dengan standar gaming. Layar ini juga bisa operasikan pada Display beresolusi FHD (1920 px X 1080 px) dengan frequensi rate 60 Hz.

Pas banget deh buat digunakan nonton video dan bermain game-game berat, asal jangan dipakai buat nonton Video wik-wik uik saja. Entar Laptop kamu kena kutukan.

Laptop Hitam kerena Lenovo Legiun Y545 Nvidia Gforce

D. Memory

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Lenovo Legion Y545 ini dibenamkan prosesor dengan ukuran Chache sampai 12 MB yang tentu saja sangat besar dalam membantu porsesor memanggil data dan perintah yang aktif untuk digunakan kembali.

1. Main Storage Memory

Dari segi Memory, jangan khawatir, desain tebal laptop ini tidak diperuntukkan untuk penggunaan Harddisk Drive kok. Justru Lenovo sengaja memasang ruang lebih lowong dengan memasang SSD tipe PCIe ukuran 512 GB.

Bisa kebayang seberapa banyak game yang kamu bisa simpan di Laptop ini dan bakalan loading dengan cepat karena kecepatan SSD tipe PCIe yang menembus 6GB.s atau 300 kali lebih cepat dibandingkan penggunaan Hard Disk tipe Blue.

2. RAM

Sebagai pendukung dari CPU dan VGA, Legion Y545 dibantu dengan RAM berukuran 16 GB pada slot awal dan bisa diextended sampai dengan 32 GB, dengan masing-masing slot 16 BG.

E. Fasilitas Pendukung

Lenovo Legion Y545 bekerja keras menciptakan lingkungan yang baik dalam dunia hak kekayaan intelektual dengan menjual perangkat mereka bersama dengan Operating system berbasis Windows 10 Home Edition.

Tidak hanya disitu, buat kamu yang lagi kuliah atau pekerja, Lenovo juga bakalan memberikan software Microsoft Office Home & Student edition 2019 dengan lincese yang melekat pada perangkat anda. Hal ini sudah sangat membantu kamu dalam mengurangi jumlah Budget pembelian perangkat yang nilainya ditaksir sampai 1,8 juta rupiah.

Buat kamu yang beli laptop ini di distributor resmi Lenovo Indonesia, maka kamu bakalan diberikan garansi Global selama 2 tahun tipe premium care termasuk dengan Accidental Damage Protection seperti ketumpahan air pas lagi main game, maka pihak Lenovo bakalan menggaransinya.

Harga - Dengan berbagai macam dukungan yang telah diberikan Lenovo pada tipe Legion Y545, Laptopn ini terbilang cukup murah dijual dengan harga 999 USD berdasarkan situs resmi dari Lenovo, namun untuk pasar Indonesia, Laptop ini dibanderol sekitar harga 15 sampai dengan 22 juta tergantung dari nilai tukar Rupiah terhadap dollar saat anda membeli.