Tips Meminjam Uang Menggunakan Fintech, Mudah dan Terpercaya

Matamu.Net - Sebelum masuk dalam pembahasan bagaimana tips meminjam uang menggunakan Fintech. Sebaiknya diketahui apa arti dan apa yang dimaksud dengan Fintech sendiri.

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology yang berarti sebuah inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial. Focus dari inovasi yang dilakukan Fintech adalah sebuah inovasi finansial yang berkolaborasi dengan teknologi modern.

Oleh karena itu, secara umun Fintech merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dalam bidang jasa keuangan yang cara kerjanya menggunakan teknologi modern. Fintech sendiri memberikan manfaat dalam hal membantu mempercepat layanan keuangan dengan bantuan teknologi.



Kendati demikian, perlu diketahui bahwa apabila ingin menggunakan Fintech untuk meminjam uang. Maka yang harus diperhatikan adalah Fintech yang digunakan aman dan nyaman. Berikut ini beberapa tips meminjam uang menggunakan Fintech yang aman dan terpercaya.

1. Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Resmi

Tips pertama adalah sebelum melakukan transaksi meminjam uang. Maka yang harus diperhatikan bagi pengguna jasa Fintech adalah mencari tahu dan mencermati jenis pinjaman online yang akan digunakan. Disarankan jangan asal men-download aplikasi saja, tapi pilihlah aplikasi yang terdaftar secara resmi.

Cara mengetahui apakah Fintech tersebut resmi atau tidak, lihat saja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena semua Fintech yang resmi akan terdaftar di OJK, selain itu maka bias dipastikan Fintech tersebut illegal alias tidak resmi dan masih diragukan.

OJK sendiri memiliki aturan tersendiri mulai dari tata cara penagihan sampai dengan ketentuan bunga pinjaman yang diberikan tidak boleh lebih dari 30%, dan masih banyak lagi ketentuan resmi lainnya.

tips dan cara mudah aman meminjam uang melalui Fintech

2. Memilih Fintech Pinjaman Online yang Bunganya Rendah

Setelah menemukan Fintech yang terpercaya. Maka disarankan untuk memilih Fintech yang memiliki bunga rendah atau kecil.

Setiap Fintech diketahui memiliki bunga yang berbeda-beda, oleh karenanya pilihlah Fintech dengan bunga rendah. Jika bunga pinjaman rendah, secara tidak langsung akan lebih menguntungkan bagi si peminjam.

3. Mencatat Tanggal Jatuh Tempo saat Pinjaman Cair

Apabila pinjaman online dari Fintech telah cair, maka yang perlu dilakukan adalah mencatat dengan baik tanggal jatuh tempo yang diberikan oleh Fintech tersebut. Salah satu alasan mencatat tanggal jatuh tempo agar selalu mengingat kapan waktu untuk membayar utang.

4. Jangan Lupa Jumlah Uang yang Dipinjam

Setelah dana pinjaman dari Fintech cair, selalu ingat jumlah nominal uang yang dipinjam. Selain itu, ingat jumlah tagihan atau cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya agar tagihan tidak ada yang menunggak. Mungkin kalian bisa mencatatnya di buku, dinding kamar, atau di handphone agar sellau mengingatnya.

5. Selalu Siapkan Uang Setelah Gajian Tiba

Sesudah menerima gaji, sebaiknya selalu menyisihkan uang untuk membayar pinjaman online. Tujuannya agar pada saat jatuh tempo, maka tidak pusing lagi memikirkan uang yang akan digunakan untuk membayar pinjaman. Jangan pernah gunakan uang bayar pinjaman dengan urusan lainnya.

6. Jangan Pernah Membayar Pinjaman Lewat Tanggal Jatuh Tempo

Ketika tanggal jatuh tempo telah ditentukan maka itu berarti batas akhir waktu untuk membayar utang. Usahakan membayar pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak mendapatkan biaya bunga tambahan atau denda.

Itulah beberapa tips meminjam uang menggunakan Fintech. Sebagai masyarakat yang melek teknologi juga harus melek dengan informasi. Oleh karena itu, teliti degan baik sebelum menggunakan aplikasi pinjaman online. Ingat harus terdaftar di OJK.

Tidak ada komentar untuk "Tips Meminjam Uang Menggunakan Fintech, Mudah dan Terpercaya"