Lokasi Hunting Foto Landscape di Indonesia

Matamu.Net - Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, negara yang dijuluki sebagai negara Maritim ini mempunyai sejumlah objek wisata yang diketahui memesona dan sangat memanjakan mata. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila objek wisata tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi liburan yang menyenangkan sekaligus menuangkan hobi seperti fotografi yang bisa dijadikan sebagai sebuah karya yang bernilai.

Daftar Isi
Kendati demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang aneh dilakukan oleh sejumlah fotografer ketika mengunjungi tempat atau objek wisata. Sampai saat ini diketahui telah banyak orang termasuk fotografer yang melakukannya. Tak ketinggalan juga para pecinta fotografi landscape yang pastinya memanfaatkan momen berharga tersebut untuk dijadikan sebuah karya yang bagus.

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan lokasi hunting fotografi landscape, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri ternyata di Indonesia sendiri sangat sangat tempat yang tak kalah keren dan dapat dikunjungi untuk dijadikan sebagai lokasi. Berikut lokasi hunting foto landscape di Indonesia yang terkenal dan populer, mulai dari hamparan lautan sampai dengan pegnungan yang menyejukkan.

1. Raja Ampat - Papua Barat

Siapa yang tak kenal dengan Raja Ampat? Tempat wisata yang satu ini sangat populer dan banyak orang yang ingin berkunjung ke sana. Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan dan termasuk ke dalam rangkaian empat gugusan pulau yang lokasinya saling berdekatan satu sama lain di bagian barat pulau Papua.

Nama Raja Ampat diambil dari nama kabupaten yang juga bernama Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Di samping memiliki pemandangan yang luar biasa, Raja Ampat juga terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila Raja Ampat dapat dijadikan sebagai salah satu lokasi hunting foto landscape. Perlu diingat kalau ke Raja Ampat jangan lupa membawa persiapan waterproof casing untuk kamera agar foto underwater dapat diabadikan.

Lokasi Hunting Foto Landscape kepulauan Raja Ampat

2. Pulau Gili Nanggu - Lombok

Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau bagian pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif pulau Gili Nanggu berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil di Lombok yang memiliki keindahan dan menarik perharian banyak wisatawan domestic maupun manca negara.

Tak hanya keindahan pantai saja yang Gili Nanggu tawarkan kepada pengunjungnya. Akan tetapi, keindahan bawah laut dari Gili Nanggu juga sangat keren mulai dari terumbu karang yang tumbuh secara alami sampai dengan ikan-ikan kecil berbagai warna pun ada di sana yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto landscape.

Lokasi Hunting Foto Landscape pulai karang indah Gili Nanggu

3. Taman Nasional Bunaken - Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken didirikan sejak tahun 1991 yang lalu. Terdiri dari 97% habitat laut dan 3% adalah daratan yang meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Pulau Bunaken sendiri berada di bagian utara Pulau Sulawesi yang termasuk ke dalam Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk sampai di pulau tersebut membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kapal cepata atau speed boat yang dapat disewa dari pelabuhan kota Manado. Taman Nasional Bunaken berada di sekitar pulau Bunaken.

Taman nasional tersebut mempunyai 20 titik lokasi penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda setiap titik lokasinya. Bagi pecinta alam dan fotografi mengunjungi Taman Nasional Bunaken merupakan hal yang cocok dilakukan apalagi keindahan bawah laut yang memukau.

Lokasi Hunting Foto Landscape Laut Bunaken

4. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi - Sulawesi Tenggara

Tak hanya Sulawesi Utara saja yang memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Akan tetapi, di Pulau Sulawesi bagian Tenggara juga punya keindahan serupa. Apalagi kalau bukan Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional ini resmi ditetapkan sebagai taman nasional sejak tahun 2002 silam.

Oleh karena itu, Wakatobi sangat cocok dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar di bawah laut. Keindahan bawah lautnya sudah diakui oleh sejumlah pengunjung Taman Nasional Wakatobi sehingga tak mengherankan apabila disebut sebagai salah satu surge bawah laut terindah di dunia.

Lokasi Hunting Foto Landscape pasir putih wakatobi

5. Pantai Kuta - Bali

Bukan hanya keindahan bawah laut yang dapat dijadikan sebagai lokasi hunting foto landscape, akan tetapi pantai juga merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk foto landscape. Seperti yang kita ketahui bahwa pantai Kuta sejak dari dulu merupakan salah satu tempat di Bali yang menjadi primadona para wisatawan pecinta pantai.

Bagaimana tidak, mulai dari ombaknya yang memikat hati para peselancar sampai dengan keindahan matahari terbenam yang menarik perhatian para pengunjungnya. Dengan begitu orang-orang sering menyebut pantai Kuta sebagai pantai matahari terbenam. Panorama tersebut sangat cocok dijadikan sebagai lokasi hunting foto landscape yang keren sambil menunggu sunset.

Lokasi Hunting Foto Landscape laut biru pantai kuta bali

6. Pantai Sarwana - Banten

Pantai berpasir yang memiliki formasi batu yang keren, ombak besar, sampai dengan latar belakang hutan yang rimbun merupakan istilah yang cocok disematkan kepada pantai Sarwana. Pantai Sarwana terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Pantai Sarwana sendiri diketahui memiliki panjang sekitar 65 km. seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa pantai ini termasuk pantai berpasir yang dihiasi dengan pasir putih serta karang yang sangat pas dijadikan sebagai tempat foto landscape. Di samping itu, terdapat beberapa wisata gua seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, sampai dengan Bukit Pasir yang menambah objek foto.

Lokasi Hunting Foto Landscape Pantai Sarwana Banten

7. Pantai Balekambang - Malang, Jawa Timur

Di Jawa Timur tepatnya di Malang juga memiliki destinasi hunting foto landscape yang dapat dijadikan sebagai referensi yaitu pantai Balekambang. Balekambang sendiri diketahui memiliki pulau kecil yang bernama Pulau Ismoyo. Di pulau tersebut terdapat sebuah Pura yang megah yang terletak di tengah dan dihungkan oleh jembatan dengan lebar 1,5 meter.

Pura tersebut menjadi daya tarik para wisatawan termasuk pecinta fotografi lantaran terletak di atas batu karang sehingga menambah kesan ketika dipotret. Sebagai informasi waktu yang tepat untuk mengambil gambar dari Pura mengah tersebut adalah dilakukan pada malam hari.

Lokasi Hunting Foto Landscape Tanah Rot Pantai Balai Kambang

8. Gunung Kukusan – Yogyakarta

Spot landscape selanjutnya adalah Gunung Kukusan yang letaknya di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samiguluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan berada di Gunung Kukusan secara tidak langsung kalian dapat menikmati keindahan dari delaan gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, serta Gunung Prau.

Kendati demikian, tak perlu khawatir untuk kehabisan spot foto keren apabila berada di Gunung Kukusan. Sangat banyak spot yang dapat dijadikan sebagai koleksi foto termasuk foto-foto yang berjenis landscape.

Lokasi Hunting Foto Landscape Gunung Kukusan Yogyakarta

9. Bukit Merese - Lombok

Tak hanya keindahan laut saja yang dimiliki oleh Lombok, tapi di darat Lombok terdapat lokasi hunting foto landscape yang tak kalah keren seperti Bukit Merese. Diketahui bahwa Buki Merese memiliki keindahan yang siapa saja melihatnya dapat jatuh cinta dengan tempat tersebut. Bagaimana tidak, Bukit Merese disebut-sebut sebagai salah satu spot foto landscape terbaik yang ada di Indonesia.

Bukit Merese terletak di Lombok bagian tengah (Lombok Tengah). Di dekat bukit terdapat sebuah pantai bernama Pantai Tanjung Aan dengan pasir putih serta air laut yang terlihat berwarna hijau. Selain itu, area bukit ternyata masih termasuk dalam lokasi Pantai Tanjung Aan jadi tak hanya menikmati keindahan bukit tapi juga keindahan pantai sekaligus. Tempat ini sangat cocok dinikmati untuk melihat sunrise dan sunset.

Lokasi Hunting Foto Landscape Bukut merese indah di lombok

10. Puncak Sikunir - Dieng

Puncak Sikunir lokasinya berada di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Saat berada di Puncak Sikunir Dieng kita bisa melihat secara langsung keindahan alam dari ketinggian. Diketahui bahwa Puncak Sikunir merupakan tempat terbaik untuk melihat sunrise dan sunset. Untuk sampai dipuncak tidak terlalu sulit lantaran berada di wilayah wisata Dieng Plateau.

Sampai saat ini sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Puncak Sikunir hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam yang alami. Rasa lelah lantaran harus berjalan puluhan kilo meter tak akan terasa ketika sampai di tempat tersebut dan rasaya seperti lelah terbayarkan ketika sudah berada di Punca Sikunir. Tak salah apabila Puncak Sikunir menjadi salah satu destinasi yang dapat dikunjungi untuk menghasilkan foto landscape yang indah.

Lokasi Hunting Foto Landscape Puncak sekunir Dieng

11. Gunung Ijen – Banyuwangi

Seperti yang kita ketahui bahwa Gunung Ijen masih termasuk ke dalam gunung berapi yang aktif. Walaupun begitu, tak sedikit para wisatawan yang tertarik mengunjungi Gunung Ijen. Hal tersebut dikarenakan gunung ini mempunyai keindahan kawah yang luar biasa di bawah lereng Gunung Ijen.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl yang letaknya berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Keistimewaan dari Gunung Ijen adalah hanya di gunung ini kalian dapat melihat secara langsung Blue Fire. Dengan adanya hal tersebut tak mengherankan apabila termasuk ke dalam salah satu lokasi hunting foto landscape yang keren dan menakjubkan.

Lokasi Hunting Foto Landscape kawah gunung Ijen

Akhir Kata
Itulah beberapa lokasi hunting foto landscape yang ada di Indonesia. Jadi jangan ragu lagi segera kunjungi tempat tersebut sehingga dapat menghasilak foto landscape yang bagus.

Tidak ada komentar untuk "Lokasi Hunting Foto Landscape di Indonesia"