Sejarah Kamera Nikon - Nippon Kogaku Kogyo Japan Optical Co

Matamu.Net - Nama Nikon berasal dari nama perusahaan pendirinya yaitu Nikon Corporation atau dikenal dengan Nikon Crop. Nikon Corp sendiri merupakan perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini diketahui memproduksi berbagai jenis elektronik khusus optik dan gambar seperti kamera, mikroskop, binocular, alat pengukur, peralatan semi-konduktor maupun sejenisnya, sampai dengan fotolotigrafi.

Berdasarkan sejarah Nikon Corporation didirikan pada tahun 1917. Tujuan awal didirikannya Nikon Corp adalah untuk membantu tentara Jepang dalam berbagai urusan serta tugas-tugas rahasia pada Perang Dunia I. Akan tetapi, seiring dengan berakhirnya Perang Dunia I perusahaan ini justru dikenal dengan nama Nippon Kogaku Kogyo atau yang berarti Industri Optikal Japun.

Sementara itu, kamera Nikon mulai populer di publik sejak tahun 1984. Adapun orang yang pertama kali menggunakan kamera Nikon sehingga menjadi populer adalah Douglas David Duncan yang merupakan seorang foto jurnalis berasal dari Amerika Serikat. Saat itu, Duncan menggunakan kamera Nikon dengan tambahan aksesoris lensa dari LEICA.

Barulah pada tahun 1988, Nippon Kogaku Kogyo mengubah namanya menjadi Nikon Corp. Nama Nikon Corp tersebutlah yang sampai sekarang digunakan. Perusahaan ini diketahui termasuk ke dalam salah satu bagian dari perusahaan Mitsubishi Group. Perlu diketahui bahwa kepopuleran yang dimiliki oleh Nikon Corp didapatkan sudah sejak awal tahun 1948 yang merupakan gabungan dari Nippon Kogaku dan Zeiss Ikon.

Sejarah Kamera Nikon Kamera Analog Nikon terbaru

Kamera Nikon dari tahun ke tahun

Saat pertama kali merilis kamera Nikon Corp diketahui langsung merilis dua jenis atau dua tipe kamera. Kedua kamera tersebut adalah kamera seri F dan kamera seri D atau digital. Kamera seri F mempunyai fasilitas yang dikhususkan untuk kamera kelas frepesional. Sementara itu, kamera tipe D merupakan jenis kamera yang memiliki fitur yang cukup sederhana dan mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk seorang fotografer pemula.

Nikon Corp bukanlah satu-satunya perusahaan elektronik yang ada di Jepang. Oleh karena itu, sejak awal berdirinya perusahaan Nikon Corp terdapat beberapa perusahaan yang pemasarannya juga cukup tinggi seperti Canon, Kodak, Sony, Fujifilm, Pentax, sampai dengan Olympus. Sejumlah persahaan tersebut terus memperkenalkan produk andalah mereka di publik sampai sekarang.

Berikut ini sejumlah tipe kamera Nikon mulai dari awal perilisan kamera sampai dengan tipe kamera yang populer saat ini.

Nikon tahun 1917

Kamera Nippon Kogaku K.K atau dikenal dengan nama Japan Optical Co. merupakan hasil produksi dari gabungan tiga buah lensa frima optic kecil. Selanjutnya beberapa produk optik lainnya diproduksi yang merupakan bahan lanjutan dari mikroskop, teleskop, serta alat-alat dari pengukur optik yang bermanfaat dan membantu dalam perusahaan industri maupun ilmu pengetahuan.

Sejarah Kamera Nikon KAmera Analaog Nippon Kogaku

Nikon tahun 1932

Pada tahun 1932 diketahui bahwa kamera pertama yang dibuat oleh Nippon Kogaku K.K akhirnya diperkenalkan di publik. Kamera tersebut diberi nama Nikkor yang kala itu termasuk ke dalam tipe lensa fotografi dengan berbagai variasi ukuran mulai dari jarak 50 mm sampai dengan 700 mm.

Nikon tahun 1937

Untuk menyempurnakan desain dari lensa 50 mm f4.5, 3.5, dan 2.0 akhirnya kamera Nikkor dirilis secara resmi sebagai perlengkapan asli dari kamera Hansa Canon yang kala itu secara kebetulan perilisannya bersamaan. Siapa sangka, perusahaan Nippon Kogaku adalah perusahaan yang juga memproduksi sebagian besar lensa Canon sampai tahun 1947 yang lalu.

Nikon tahun 1948

Di tahun 1948, barulah perusahaan Nippon merilis produk buatan mereka secara resmi dengan merilis Kamera Nikon I. Perlu diketahui bahwa sebelum akhirnya nama Nikon resmi digunakan maka terdapat beberapa nama pilihan usulan yang digunakan sebagai brand khusus produk kamera seperti Pannet, Nicca, Bentax, Nikka, Nikoret, Niko and Nikkorette.

Akan tetapi perusahaan pihak perusahaan memiliki nama Nikkorette. Meski begitu, akhirnya ketika produk kamera akan dirilis secara luas nama tersebut diubah menjadi Nikon yang digunakan sampai saat ini.

Nikon tahun 1957

Sejak perilisan pertama kamera dengan brand nama Nikon, diketahui bahwa jurutera perusahaan Nikon berusaha agar menghasilkan produk terbaik. Oleh karena itu, tak tanggung-tanggung jurutera tersebut mencari ide yang di seluruh dunia agar mendapatkan solution terbaru di dunia kamera.

Saat itu, Leica merupakan perusahaan yang memproduksi kamera terbaik alias pemimpin di kamera rangefinder 35 mm serta sangat banyak produsen kamera yang berusaha untuk meniru produk dari Leica tersebut. Salah satunya adalah Nikon yang berusaha untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh kamera keluaran Leica. Tepat pada bulan September Niko SP akhirnya dirilis yang kemudian disusul oleh S3 di Mac 1958 dan juga S4 di Mac 1959.

Nikon tahun 1959

Kamera Nikon SLR seri pertama (Nikon F) dirilis pada bulan Mei 1959. Dengan dirilisnya Nikon F ke publik, siapa sangka kamera tersebut menjadi standar prioritas bagi para foto jurnalis maupun fotografer professional. Meski standar tersebut tidak tertulis, tapi sangat digandrungi oleh banyak orang.

Spesifikasi dari seri F sendiri adalah viewfinder yang dapat diganti-ganti, layer focus, sampai dengan lensa. Tahun 1959 merupakan tahun dimana Nikon Corp menjadi pemimpin baru di dunia kamera mengalahkan Leica.


Nikon tahun 1971

Pada tahun 1971, Nikon seri kedua (Nikon F2) akhirnya dirilis. Sama seperti seri pertama, seri kedua ini juga tak membutuhkan waktu lama untuk dijadikan sebagai prioritas utama bagi sejumlah foto jurnalis maupun fotografer. Adapun fitur unggulan yang dimiliki oleh Nikon F2 adalah mempunyai bentuk yang cantik serta fetures yang menarik perhatian. Selain itu, fitur yang dimiliki oleh kamera ini merupakan fitur yang sebagian besar dibutuhkan oleh seorang fotografer khusus kamera SLR.

Nikon tahun 1983

Tahun 1983 merupakan tahun lahirnya kamera dengan seri compact serta autofocus pertama yang Nikon Corp produksi. Kamera tersebut diberi nama Nikon L35AF yang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Meski begitu, hasil jepretan dari L35AF sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sejarah Kamera Nikon lensa baru dengan Asa 100

Nikon tahun 1992

Siapa sangka di tahun 1992, Nikon Corp diketahui merilis secara resmi sebuah kamera dengan seri underwater yang diberi nama Nikonos RS. Dengan dirilisnya kamera tersebut membuat Nikon menjadi semakin populer lantaran perusahaan pertama yang membuat inovasi baru dalam dunia fotografi. Nikonos RS merupakan kamera bawah laut pertama yang dibuat di dunia.

Sejarah Kamera Nikon Kamera Nikonos

Nikon tahun 1997 - 1999

Pada tahun 1997 Nikon Corp merilis sebuah kamera dengan seri kamera digital bernama Nikon COOLPIX 100. Selanjutnya pada tahun 1999, perusahaan ini kembali merilis kamera digital dengan seri SLR professional bernama Nikon D1.

Nikon tahun 2005 - 2006

Setelah Nikon D1 resmi dirilis pada tahun 1999, tahun 2005 akhirnya seri yang lebih bagus dirilis yaitu Nikon D2X digital SLR camera dan Nikon D2HS digital SLR camera. Tahun 2006, Nikon D2Xs, Nikon D80, dan Nikon D40 dirilis dan dipasarkan.

Kamera DSRL generasi pertama Fullframe

Nikontahun 2007

Tahun 2007 merupakan tahun dimana secara resmi Nikon D3 (full frame) serta D300 Kamera digital SLR ini adalah camera dirilis ke pasaran. Adapun teknologi yang ditawarkan oleh kedua kamera tersebut adalah prosesor generasi terbaru bernama EXPEED2. Akan tetapi, pada tahun yang sama kamera terbaru jenis D700 Full Frame diluncurkan dengan fitur terbaik di kelasnya.

Nikon tahun 2008

Kali ini, kamera Nikon D3X, Kamera Digital SLR dirilis di publik dengan fitur menarik pada masanya yaitu dengan seri sensor 24 MP. Dengan sensor kamera yang tinggi tersebut membuat hasil foto terlihat semakin keren dan tentunya professional.

Nikon tahun 2010 - 2011

Tahun 2010, Nikon diketahui mengeluarkan kamera dengan seri terbaru yaitu Nikon D90. Fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh kamera Nikon D90 adalah bukan hanya dapat digunakan untuk menangkap gambar saja, tapi juga sudah bisa dipakasi untuk mengabadikan video.

Sementara itu, tahun 2011 Nikon Seri D7000 dirilis dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Akan tetapi, pada seri D7000 ditambahkan fitur video dengan kualitas yang sangat bagus yaitu video super HD.

Nikon tahun 2013 – 2016

Nikon Corp semakin mengembangkan kualitas kamera yang diproduksi. Pada tahun 2013 kamera Nikon Df dengan full frame full retro dirilis. Kemudian tahun berikutnya Kamera HD-SLR Nikon D4s dirilis dan dipasarkan. Kamera ini diketahui menggabungkan kecepatan dan akurasi untuk Dominasi Decivise Moment.

Nikon tahun 2017 – 2018

Pada tahun 2017 Nikon D850 dan Nikon D7500 di pasarkan. Sementara itu, pada tahun 2018 kamera yang diirlis adalah Nikon D3500, Nikon Z7, dan juga Nikon Z6

Tidak ada komentar untuk "Sejarah Kamera Nikon - Nippon Kogaku Kogyo Japan Optical Co"