Trend Penggunaan JavaScript untuk Front-End Developer

Matamu.Net - Pasca wabah corona dan semakin maraka kegiatan work from home penggunaan jasa Clpud Computing and Server semakin banyak digunakan. Tidak hanya dari segi layanan jaringan tapu juga produk-produk software dan Website yang semakin besar andilnya dalam kehidupan manusia.

Hasilnya penggunaan bahasa program dan scripting juga semakin berkembang, salah satu jenis Scripting yang trend-nya semakin banyak digunakan oleh para Front-Developer adlaah JavaScript. Pasalnya JavaScript paling competable dengan berbagai jenis laman website dari berbagai Framework dan library.

Logo Java Script Vue Angular dan GraphQL

Diantanya ada tiga jenis Trend JS yang paling banyak digunakan oleh Front-End Developer yakni :

1. GraphQL

GraphQL merupakan salah satu APIs open Source yang menyedia Query Source dan Manipulasi. JS ini dikembangkan oleh perusahaan Facebook untuk Website mereka pada tahun 2012 silam, kemudia dirilis secara resmi untuk publik pada tahun 2015.

Keunggulan dari GraphQL adalah lembih mantdap dari fitur-fitu API REst dan sangat efesien digunakan untuk menyederhanakan Agregasi data yang dikirim dari berbagai sumber bersamaan. JS sangat bermanfaat buat mereka yang mereka yang memiliki Website atau palikasi yang memungkinkan penggunan mengupload banyak file secara bersamaan di berbagai tempat.

Berdasarkan Informasi dari yayasa GraphQL, JS ini bisa bekerja sama dengan berbagai bahasa Program seperti Python, C#, Ruby, Java, Scala, Go, Elicir, Erlang, PHP, R dan Clojure.

2. AngularJS

AngularJS adalah kerengka Website berbasis Java untuk keperluan Front-End. JavaScript ini sendiri merupakan tipe open source yang dikembangkan oleh Google.

Manfaat utama dari AngularJS ini adalah menyediakan layanan Framework untuk menyederhanakan layanan Clien-Side Model-View Control (MVC) dan Model-View-View-Model (MVVM) yang banyak digunakan untuk komponen arsitektur dan web-web yang memiliki banyak layanan.

Angular juga mengembangkan ekstensi untuk Browser Google Chrome yang diberi nama Batarang. Fungsinay tidak lain adalah meningkatkan kualitas User-Experience pada saat mengakses website yang memilik Script-Script yang dikembangkan oleh Angular.

3. Vue.js

Vue merupakan JavaScript tipe open Source yang dikembagkan oleh Evan You dan kini dikelola oleh tim aktif dari banyak perusahaan seperti Ntwlify dan Netguru.

Vue dikembangkan dalam bentuk pustaka yangbisa bekerja sama dengan banyak jenis JavaSript terutama milik Google Angular Js, oleh karena Vue lebih sering ditemukan hanya pada bagian-bagian tetentu dalam laman sebuah website.

Jika bekerja dalam Framework Nuct.JS, Vue.JS dapat memberikan layanan Server Side rendering yang lebih handal sehingga mampu membuat kinerja Website semakin ringan

Tidak ada komentar untuk "Trend Penggunaan JavaScript untuk Front-End Developer"