Apa Itu High Key Fotografi?

Matamu.Net - Dalam fotografi istilah ‘Brightness’ merupakan salah satu yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan keren. Brightness adalah proses yang dilakukan untuk membuat seberapa cerah objek yang akan dipotret.

Seperti yang kita ketahui bahwa kecerahan dari hasil foto yang diperoleh berasal dari nilai exposure yang diberikan atau digunakan serta seberapa besar cahaya yang diperoleh ketika mengambil gambar atau foto.

Exposure sendiri memiliki fungsi untuk membuat cahaya menjadi terang maupun gelap pada foto. Selain itu, Brightness terdiri dari tiga jenis, seperti High Key, Normal Key, dan juga Low Key. Kali ini, kita akan membahas salah satu dari jenis Brightness tersebut, yaitu High Key.

cewek manis dan seksi High Key

Pengertian High Key

High Key merupakan teknik pencahayaan yang menghasilkan warna dan gambar yang didominasi oleh warna putih maupun terang atau bisa juga dikatakan sedikit mid-range. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa foto yang menggunakan High Key tidak selamanya selalu berwarna putih. Namun, bisa saja warna lain tetapi warna yang digunakan harus cerah.

Selain itu, foto High Key umumnya mempunyai kontras yang rendah lantaran warna yang diperlihatkan merupakan dominan putih. Bukan hanya itu saja, foto-foto High Key juga cenderung terang, ringan, serta dianggap positif.

Tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan foto High Key hanya mempunyai sedikit shadow atau bahkan tidak ada shadow. Karena menghasilkan warna yang cerah maka tak jarang subjek yang ditampilkan warnanya hampir sama dengan warna latar belakang atau background.

Oleh karena itu, ketika menggunakan High Key maka middle tone yang digunakan hanya sedikit sampai dengan tone yang digunakan hampir sama dengan keseluruhan dari frame. Adapun subjek yang bagus dan cocok dipotret menggunakan High Key adalah potret orang, foto prewedding, foto keluarga maupun foto produk.

Sementara itu, untuk foto pemandangan biasanya foto High Key digunakan ketika memotret salju maupun kabut. Perlu diingat meski menggunakan exposure yang tinggi jangan sampai membuat foto over-exposure.

Model korea selatan seksi Toge dan hot manis hidung pesek

Teknik Foto High Key

Adapun teknik atau cara yang dapat dilakukan untuk memotret High Key adalah seperti berikut ini:

  • Memilih latar belakang atau background yang berwarna cerah, mislanya putih, kuning, serta warna lainnya yang membuat foto terlihat lebih cerah. Ketika memotret untuk fotografi portrait maka sebaiknya model atau subjek yang difoto memakai pakaian serta aksesoris sebaiknya werna cerah.
  • Apabila menggunakan cahaya yang konstan maka disarankan untuk mengatur exposure agar membuat foto lebih cerah, tapi tidak over-exposure.
  • Gunakan light modifier berukuran besar agar cahaya dapat membanjiri subjek serta background. Di samping itu, juga membuat cahaya yang jatuh ke subjek lebih halus. Misalnya light modifier softbox (80 x 120 cm), oktabox (150 cm), beauty dish (70 cm), dan juga background reflector.

Dalam mengambil foto High Key maka seorang fotografer harus kreatif mengarahkan pose atau gaya dari objek yang akan difoto. Dengan begitu, fotografer akan memperoleh ekspresi yang tidak terduga namun menarik dan bagus.

Itulah penjelasan singkat tentang High Key fotografi beserta teknik memotret High Key. Semoga bermanfaat.