Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung Jumlah Kuota Paket Data untuk Streaming YouTube Berdasarkan Resolusi Video

Matamu.Net - Youtube menjadi salah satu paltform yang sangat asyik mengahbiskan waktu. Content-contetn menarik mulai dari drama, lawak, prank, live song sampai conten edukasi yang mungkin saja kamu tidak akan dapatkan di sekolah.

Keunggulan Youtube lainnya selain dari kontetn yang lengkap, penonton bisa memilih apa yang mereka tongtong tanpa ada batasan ruang dan waktu selama masih ada akses jaringan internet, jadi membuat siapa saja bakalan nyaman untuk menikmati konten-konten dari Youtube.

Seolah tidak ingi melepas pelanggannya, Algoritma YouTUbe pun dirancang memberikan sugesti konten berdasarkan kesukaan dari penonton, dan hasilnya terkadang tidak sadar kita akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar Handphone hanya untuk menonton YouTube.

Selain waktu tentu saja kita sama-sama menghabiskan Kuota Internet juga selama YouTube, namun seberapa cepat sih YouTube menyedot kuota paket Internet agan?

Youtube keren dan cara menghitung Kuota internet

Cara Mengukur Paket Kuota Data.

Sebelum kita membahas kuota Streaming mari kita bahas sedikit dulu besaran-besaran yang berkaitan dengan kuota.

Pada dasarnya kuota dihitung berdasarkan jumlah transkasi data baik itu Donwload dan Upload yang terjadi antara client (user) dan Server dalam kasus ini Youtube. Pada umumnya untuk perangkat sehat yang tidak terinveksi virus dan mallware akan mengirim jauh lebih sedikit data sehingga hal ini bisa diabaikan, oleh karena kita asumsikan saja jika yang dibutuhkan hanya untuk Download saja dari server.

Satuan koneksi data umumnya menggunakan Bps atau Byte persekon. Jadi misalnya kecepatan download internet kamu 20 MBps itu artinya perangkat kamu bisa mengunduh file dengan ukuran 20 MBps, tapi bukan berarti saat kamu mendonwload file 20 Mega Byte hanya membutuhkan waktu satu detik karena belum tentu web server yang kamu tuju memiliki kecepatan opload yang sama, bisa saja jauh lebih kecil.

Tapi Byte bukan satu-satunya satuan jumlah data, ada juga satualan lain yang hampir mirip yakni Bit. 1 Byte sendiri setara dengan 8 Bit, hal ini berarti jika kecepatan internet kamu 20 MBps itu setara dengan 160 Mbps. Jadi jangan pernah tertipu lagi dengan promo internet murah jika mereka menggunakan lambat satuan dengan huruf b kecil, karena jika promonya 80 Gb itu berarti hanya 10 GB.

Hal yang Mempengaruhi Ukuran Video YouTube

Ukuran dalam dunia internet juga mewakili kualitas dari Video yang kamu nonton, tentu saja Video ukuran 300 Mb jauh lebih bagus dengan video dengan ukuran 20 Mb. Ukuran ini dipengaruhi oleh banyak hal namun secara garis besar yang paling berpengaruh adalah FPS, ResolusiVideo dan Kualitas Audio.

FPS adalah frame per sekon atau banyaknya gamabr diam yang diagbungkan samapi membentuk Video, mata manusia sebenarnya sudah nyaman dengan 30 fps, namun jika ingin lebih lebih halus maka Video 60 fps tentu saja jauh lebih smooth, tapi tidak perlu samapi 120 fps karena kecepatan mata dan otak kita tidak begitu handal menikmati kecepatan tersebut jadi percuma saja.

Resolusi - Resolusi adalah hal yang paling banyak dikenal oleh awam, karena menurut orang awam hal inilah yang paling banyak mengambil kuota dari Internet, padahal bisa jadi resolusii ini paling kecil dampaknya dari ukuran Video, misalnya Video ukuran FHD 30 FPS belum tentu lebih kecil dibandingkan dengan Video ukuran HD 60 FPS.

Dimensi yang pada umunya dikenal di Youtube adalah

  1. UHD 4K (3840p x 2160p)
  2. QHD (2560p x 1440p)
  3. FHD 2K (1080p x 1920p)
  4. HD (1280p x 720p)
  5. 480p (854p x 480p)
  6. 360p (480p x 360p)
  7. 240 (426p x 240p)

Selain dimensi tersebut adalah juga dimensi yang 8K tapi belum diperkenalkan di YouTube. Semakin besar ukurannya semakin besar pula kuota yang dihabiskan untuk menontonnya.

Faktor ketiga adalah Kualitas Sound. Kualitas ini bisasaja tersimpan dengan baik bersama video saat diungah oleh pembuatnya namun jika mereka dari YouTuber wanna be atau kelas biasa saja kemungkin besar tool perekam suaranya cuman sebatas Dolbi Sound. Semakin kecil ukuran Video maka semakin rendah jumlah chanel suaranya dan akhirnya yang paling ringan adalah tipe mono atau apa yang didengar telinga kiri akan sama dengan telinga kanan.

Adapun rata-rata konsumsi kuota untuk masing-masing video sebagai berikut :

Resolusi
Kuota (MB)/Durasi
1 Menit
1 Jam
240 P
 1,23
 150
360 P
 2,91
 250
480 p
5,50 
400 
HD
 8,75
900 
FHD
 15,96
1300 

Perhitungan penggunaan data hanya angka perkiraan di atas dengan asumsi pemutaran video dengan kualitas suara standar dan juga pada rate 30 fps, namun jumlah pasti dari konsumsi kuota untuk setiap video tentu saja berbeda-beda bergantung dari jenis dan format Video yang di Unggah oleh pemilik akun.

Posting Komentar untuk "Menghitung Jumlah Kuota Paket Data untuk Streaming YouTube Berdasarkan Resolusi Video"